Minggu, 14 Juni 2015

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENYELESAIAN STUDI KASUS
BAB VI,BAB VII, BAB VIII
D
I
S
U
S
U
N
OLEH
NAMA                       : MUTIARA BASARIA SIHOMBING
NIM                            : 140521080
MATA KULIAH      : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
JURUSAN                 : MANAJEMEN EKSTENSI
BLOGS                      : http://mutiarahombing.blogspot.com/ 

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN

2015



BAB VI
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
KASUS  1
Starbuks dan Lainnya: Masa Depan dari Jaringan Wi-Fi Publik
Halaman 233

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apakah Anda setuju dengan rencana Starbucks untuk menawarkan Wi-Fi dengan waktu terbatas untuk pelanggan? Apakah dengan Wi-Fi akan cukup untuk menanamkan semacam loyalitas? Berdasarkan pengalaman dari kedai-kedai kopi lain yang dilaporkan di atas, menurut Anda, apakah akses gratis merupakan faktor penting dalam mengembangkan basis pelanggan setia?
Penyelesaian :
Ya, saya setuju. Rencana Starbucks dalam menawarkan Wi-Fi terbatas adalah salah satu ide brilian yang akan menarik pelanggan untuk datang sekaligus memotivasi pelanggan mengeluarkan uang untuk barang dan jasa sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Starbucks melihat Wi-Fi sebagai sarana untuk bersaing dengan kompetitor lain seperti buku Bauhaus + kopi atau bahkan restoran Mc Donald. Menurut Rahmat Heinze, seorang manajer dari 13 tahun di Bauhaus, ia menyimpulkan bahwa "Orang datang ke sini karena mereka menyukai atmosfer kita dan karena mereka menyukai kopi kami". 
Wi-Fi digunakan lebih sebagai insentif pada Starbucks yang membuat orang untuk beralih ke mereka, ini bahkan tidak meningkatkan biaya mereka apalagi itu membuat Starbucks populer bersama dengan orang-orang menjadi setia kepada mereka. Ini manfaat yang luar biasa bagi Starbucks untuk menarik orang menggunakan layanan mereka yang lain. Internet saat ini hampir gratis di kebanyakan tempat tetapi dengan cara yang lebih baik dan dalam bentuk yang lebih baik maka pelanggan pasti pergi untuk itu. Akses internet gratis bisa dikatakan hanya sebagai icing pada kue. Tanpa icing, sebagai kue yang baik adalah kue, icing sebenarnya bukan bahan kue tetapi jika dilakukan maka terlihat baik dan membuatnya lebih enak. Kualitas produk dan layanan yang disediakan perusahaan merupakan faktor kunci bagi pelanggan setia tetapi paket gratis dan voucher seperti Wi-Fi membuat orang lebih setia.
Starbucks telah beralih fokus mereka pada layanan Wi-Fi terbatas untuk pelanggan setia. Ini menunjukkan bahwa Starbucks ingin menjadi sebuah perusahaan tangkas. Tentu pokok mereka adalah kopi, tapi ketika mereka mencoba untuk tumbuh dan memperoleh penghasilan lebih, mereka menyadari bahwa pangsa pasar yang lebih besar dapat membantu melakukan keajaiban bagi pendapatan. Parafrase James O'Brien dan George M. Marakas menyatakan bahwa sebuah perusahaan tangkas bekerjasama dengan pelanggan, pemasok, perusahaan lain, dan bahkan pesaing. Mereka juga berkembang pada perubahan dan ketidakpastian. 
Saya berpendapat bahwa Wi-Fi akan cukup untuk menanamkan semacam loyalitas. McDonald dan Starbucks keduanya memiliki kemitraan dengan AT & T yang merupakan salah satu dari penyedia hotspot Wi-Fi terbesar di Amerika Serikat. Ini bisa memberikan jaringan yang cepat dan efisien untuk para pelanggan yang menggunakan Wi-Fi. Starbucks adalah salah satu rantai pertama yang menawarkan akses Wi-Fi untuk pelanggan, pertama melalui perjanjian dengan T-Mobile dan kemudian dengan AT & T. Pengunjung Starbucks dapat menikmati fasilitas Wi-Fi hingga dua jam dari kedai kopi favorit mereka, asalkan mereka sebagai pelanggan AT & T atau mereka menggunakan Kartu Starbucks untuk login. 
Menurut saya, akses gratis adalah faktor penting dalam mengembangkan basis pelanggan setia. Seperti yang kita ketahui, semua kedai kopi saat ini menyediakan Wi-Fi. Bagi mereka yang belum menyediakan layanan Wi-Fi akan gagal dalam memikat atau mendapatkan pelanggan. Misalnya, Starbucks memiliki menawarkan akses Wi-Fi untuk pelanggannya. Banyak orang bisnis atau mahasiswa yang menyukai duduk di sana dengan membeli kopi dan menggunakan Wi-Fi untuk online. Mereka akan menikmati saat ini dengan minum kopi dan online untuk chatting dengan teman dan sebagainya. Hal ini seperti yang dilakukan Seattle Bauhaus, kopi telah lama bergantung pada Wi-Fi untuk membantu mendatangkan pelanggan.

2.      Sebagian alasan bagi pergerakan Starbucks ada hubungannya dengan meningkatnya persaingan dari rantai seperti McDonald untuk orang sarapan pagi. Apakah Anda berpikir bahwa akses nirkabel gratis oleh seperti pesaing akan memindahkan bagian signifikan dari pelanggan Starbucks jauhnya? Mengapa atau mengapa tidak?
Penyelesaian:
Tidak, Starbucks telah mendorong kartu yang menguntungkan Starbucks, yang membawa tiga cara untuk manfaat bagi pelanggan. Starbucks dan AT & T akan memberikan dua jam Wi-Fi per hari, tetapi hanya jika Anda menggunakan kartu Starbucks. Jika ingin lebih dari dua jam, Anda dapat membayar $ 19,99 per bulan, yang juga hak Anda untuk unlimited Wi-Fi yang ditawarkan oleh AT & T di sekitar 70.000 hotspot di 89 negara. Starbucks tidak hanya mengalahkan penjual gula dan kafein lain dengan menawarkan Wi-Fi gratis, tetapi juga mendorong kartu yang menguntungkan Starbucks dan menyediakan jalur upgrade untuk orang bersemangat menyerahkan uang dalam pertukaran untuk akses tak terbatas. Manfaat kartu Starbucks dalam tiga cara. Pertama, orang dengan kartu Starbucks di saku mereka mungkin lebih cenderung memilih Starbucks ketika ada alternatif lain yang berdekatan. Kedua, dengan mendapatkan jutaan pelanggan membayar di muka, Starbucks mendapatkan lebih banyak uang dimuka (daripada menunggu sampai orang benar-benar mendapatkan kopi mereka). Terakhir dan terbaik adalah bahwa kartu hilang, dicuri, atau dilupakan. Ketika itu terjadi, Starbucks akan menyimpan uang tanpa memasok apa-apa. Saklar AT & T membantu Starbucks menangkis persaingan dari McDonald, yang telah mempromosikan kopi premium yang ditawarkan serta hotspot sendiri dijalankan oleh AT & T. Ini juga akan membantu memperluas penawaran hiburan digital di toko.
Kompetisi adalah semua yang membantu untuk berpikir dan datang dengan ide baru. Ketika Anda menghadapi perusahaan raksasa di depan Anda, dikenal baik maka tidak mungkin untuk bertahan hidup tanpa menerapkan ide kreatif untuk bersaing. Bila Anda tidak bisa bersaing dengan mereka dalam hal biaya dan kualitas maka Anda harus mencari pilihan kedua. Starbucks melakukan hal yang sama. Tanpa banyak mempengaruhi, biaya itu dikemas dalam layanan paket seperti ini yang tampak jauh lebih baik untuk orang lain, daripada McDonald. Starbucks melakukan hal yang sama itu memberikan sesuatu yang lebih dalam harga yang sama dan kualitas yang sama bahwa orang menemukan hal menarik.
Ketika orang akan menemukan alternatif yang lebih baik yang memberikan mereka utilitas yang lebih besar maka pasti orang-orang beralih ke mereka. Akses internet gratis telah menjadi faktor menarik karena dikemas layanan yang sama dari kualitas yang sama dan melilitkannya di dalam paket warna-warni yang catchier dari sisa paket pesaing.
Sebagaimana disebutkan di atas, menawarkan konektivitas nirkabel gratis mungkin menawarkan beberapa jenis keunggulan kompetitif. Menurut Arie de Geus sebagai telah dibaca dalam Manajemen Sistem Informasi, "Kemampuan untuk belajar lebih cepat dari pesaing Anda mungkin hanya keuntungan kompetitif yang berkelanjutan di masa depan." Hal ini dapat dirasakan bahwa McDonalds mungkin memiliki keunggulan kompetitif yang Starbucks cari selama ini. McDonalds dengan penyediaan fasilitas sarapan untuk beberapa waktu. Beberapa tahun yang lalu, mereka mengubah vendor kopi dan mulai membual tentang kopi mereka. Dari mulut ke mulut dan pengalaman pribadi memungkinkan McDonalds untuk bersaing di pasar kopi saat ini. McDonalds juga menawarkan Wi-Fi ketika Starbucks berjuang dengan keputusan untuk biaya untuk itu.
Starbucks sedang mencoba untuk menjadi pemain di mahkota sarapan pagi dengan menunjukkan gambar sarapan sandwich. Hal ini menggambarkan kebutuhan kompetitif hanya untuk mengikuti dan bersaing dengan McDonalds untuk orang sarapan. Seperti disebutkan awal, mereka dapat menjaga dengan McDonalds karena kebutuhan, tetapi mereka mungkin mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan kedai kopi pop lain dengan aplikasi Smartphone bahwa konsumen langsung ke Starbucks terdekat untuk memuaskan kehausan mereka dan mengisi memuaskan rasa lapar mereka.
3.      Kasus ini mencatat beberapa perusahaan yang menawarkan Wi-Fi gratis dalam pertukaran untuk melihat iklan atau menjawab pertanyaan untuk studi riset pasar. Apakah Anda bersedia untuk melakukannya untuk mendapatkan akses nirkabel gratis, katakanlah, di bandara? Apakah Anda menjawab perubahan jika Anda menggunakan laptop perusahaan terhadap Anda sendiri, karena alasan keamanan?
Penyelesaian:
Ya, saya akan bersedia untuk melakukannya untuk mendapatkan akses nirkabel gratis pada saat duduk di bandara. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Wi-Fi bekerja sebagai insentif bahkan ketika itu tidak gratis. Saya akan menjawab perubahan jika saya menggunakan laptop perusahaan terhadap saya sendiri, karena alasan keamanan.
Internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Di negara dimana fasilitas internet tidak murah dan jika itu murah juga saya pasti akan bersedia melakukan hal-hal yang tidak mengambil banyak waktu dan usaha, terlebih lagi menyenangkan untuk mendapatkan kupon internet gratis. Sifat manusia, masalahnya lebih murah atau mahal, mereka selalu menjadi bahagia untuk memenangkan sesuatu atau mendapatkan sesuatu sebagai hadiah. Untuk mendapatkan sesuatu secara gratis bahkan jika tidak penting untuk kita sehingga dalam kasus paket internet gratis saya akan lebih dari bersedia untuk melihat pertanyaan dan jawaban iklan untuk mendapatkan Wi-Fi.
Di tempat seperti bandara dimana saya akan menggunakan laptop perusahaan daripada saya sendiri mungkin jawaban saya akan berubah karena ada kemungkinan kebocoran data ketika ada lebih banyak pengguna. Jika saya menggunakan laptop perusahaan, saya mungkin tidak benar-benar menjawab jika mereka lebih pribadi dan pertanyaan kontroversial karena masalah keamanan.
Ada situasi tertentu dimana konsumen mungkin akan diterima atau tidak dapat diterima untuk melihat iklan. Misalnya, jika konsumen adalah di bandara mencoba untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu pada waktu yang tepat pada laptop mereka, mereka mungkin tidak ingin terjebak dengan iklan dan teknologi flash mendorong iklan. Di sisi lain, mungkin seseorang hanya browsing internet mencari untuk melihat apakah ada Starbucks di terminal untuk mengambil secangkir Joe dan beberapa Wi-Fi.
Saya akan lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan Wi-Fi pada laptop perusahaan. Ada pepatah di militer bahwa "bibir longgar menenggelamkan kapal". Ini dapat diterapkan dalam situasi ini, karena Wi-Fi tidak berarti aman Wi-Fi. Jika Anda harus menggunakan Wi-Fi, Wi-Fi.org merekomendasikan bahwa bila memungkinkan, gunakan situs https versus hanya http di alamat URL. Hal ini juga dianjurkan bahwa salah satu memiliki firewall yang bagus pada perangkat Anda mengamankan rahasia perusahaan yang memberikan perusahaan Anda keunggulan kompetitif.


KASUS  2
Metric & Multistandard Component Corp: Nilai Bisnis dari Sebuah Jaringan Terkelola
Mandiri yang Aman untuk Usaha Kecil dan Menengah
Halaman 233

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apa yang menjadi faktor terpenting yang berkontribusi atas keberhasilan MMCC dengan jaringan terkelola mandri yang baru dan aman? Jelaskan alasan menurut pilihan Anda.
Penyelesaian:
Ketika MMCC diaktifkan untuk solusi jaringan baru untuk membantu memahami kebutuhan
Bisnis mereka dan mencari sistem yang membuatnya lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Mereka membuat garis besar tentang persyaratan mereka terdiri dari keandalan sistem, fleksibilitas atau skalabilitas dari sistem, kekhawatiran keamanan dan biaya yang dilakukan untuk menyebarkan sistem. Ketika mereka yakin tentang apa yang mereka butuhkan mereka mencari pilihan yang tersedia dan mengadopsi satu yang paling efisien untuk organisasi seperti mereka. Faktor-faktor yang membantu MMCC untuk tumbuh dan menjadi sukses adalah:
a.       Sistem baru mereka mampu menyediakan konektivitas yang lebih besar dengan keandalan yang lebih tinggi, keamanan dan skalabilitas dalam relatif biaya yang sangat rendah sehingga peningkatan produktivitas dan profitabilitas bisnis.
b.      Penggunaan teknologi maju untuk ketersediaan tinggi dan jaringan yang efisien dan manajemen keamanan, yang dapat dioperasikan dengan mudah.
c.       Dukungan dari pihak eksekutif perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan persetujuan pihak eksekutif terhadap usulan Bellnier untuk memperbaiki sistem jaringan lama yang banyak masalah dari sisi kecepatan respon terhadap penyediaan informasi layanan kepada para pelanggan mereka.
d.      Perencanaan yang matang. Merujuk kepada ahli manajemen, bahwa perencanaan yang baik adalah setengah keberhasilan dari suatu pekerjaan/proyek.
e.       Pengenalan jaringan teknologi untuk menghubungkan kantor dan pengguna yang aman untuk memfasilitasi kebijakan ekspansi perusahaan.
f.       Manajemen yang tepat dari sistem pendukung untuk meminimalkan penundaan dan kesalahan.


2.      Apa saja beberapa manfaat bisnis dan tantangan dari jaringan terkelola mandiri dan terkelola secara eksternal?
Penyelesaian:
Manfaat sistem jaringan yang terkelola mandiri:
a.       Umumnya sistem jaringan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena karyawan yang ditugaskan mengerti kebutuhan sistem dalam perusahaan.
b.      Biaya pengembangan dan pengelolaanya relatif lebih rendah karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
c.       Sistem jaringan yang dibutuhkan dapat segera direalisasikan dan dapat segera melakukan perbaikan untuk menyempurnakan sistem tersebut.
d.      Sistem jaringan yang dibangun sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan dokumentasi yang disertakan lebih lengkap.
e.       Mudah untuk melakukan modifikasi dan pemeliharaan (maintenance) terhadap sistem jaringan karena proses pengembangannya dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut.
f.       Adanya insentif tambahan bagi karyawan yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan sistem jaringan perusahaan tersebut.
g.      Lebih mudah melakukan pengawasan (security access) dan keamanan data lebih terjamin karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
h.      Sistem jaringan yang dikembangkan dapat diintegrasikan lebih mudah dan lebih baik terhadap sistem yang sudah ada.
Tantangan sistem jaringan yang sistem jaringan yang terkelola mandiri:
a.       Keterbatasan jumlah dan tingkat kemampuan SDM yang menguasai teknologi informasi.
b.      Pengembangan sistem jaringan membutuhkan waktu yang lama karena konsentrasi karyawan harus terbagi dengan pekerjaan rutin sehari-hari sehingga pelaksanaannya menjadi kurang efektif dan efisien.
c.       Perubahan dalam teknologi informasi terjadi secara cepat dan belum tentu perusahaan mampu melakukan adaptasi dengan cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang canggih (tidak up to date).
d.      Membutuhkan waktu untuk pelatihan bagi operator dan programmer sehingga ada konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan.
e.       Adanya demotivasi dari karyawan ditugaskan untuk mengembangkan sistem informasi/jaringan karena bukan merupakan core competency pekerjaan mereka.
Manfaat sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal:
a.       Perusahaan dapat mengonsentrasikan diri pada bisnis yang ditangani. Masalah mengenai hardware, sofware, dan maintenance sistem merupakan tanggung jawab pihak vendor.
b.      Lebih praktis serta waktu pengembangan sistem relatif lebih cepat, efektif, dan efisisen karena dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya.
c.       Penghematan waktu proses dapat diperoleh karena beberapa outsourcer dapat dipilih untuk bekerja bersama-sama menyediakan jasa ini kepada perusahaan.
d.      Dapat membeli partner/provider sesuai anggaran dan kebutuhan.
e.       Memudahkan akses pada pasar global jika menggunakan vendor yang mempunyai reputasi baik.
f.       Biaya pengembangan sistem informasi dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan.
g.      Memfasilitasi downsizing sehingga perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai.
Tantangan sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal adalah:
a.       Terdapat kekhawatiran tentang keamanan sistem jaringan karena adanya peluang penyalahgunaan sistem informasi oleh vendor, misalnya pembajakan atau pembocoran informasi perusahaan.
b.      Ada peluang sistem jaringan yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dikarenakan vendor tidak memahami kebutuhan sistem dalam perusahaan tersebut.
c.       Transfer knowledge terbatas karena pengembangan sistem informasi sepenuhnya dilakukan oleh vendor.
d.      Relatif sulit melakukan perbaikan dan pengembangan sistem jaringan karena pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh vendor, sedangkan perusahaan umumnya hanya terlibat sampai rancangan kebutuhan sistem.
e.       Dapat terjadi ketergantungan kepada konsultan.
f.       Manajemen perusahaan membutuhkan proses pembelajaran yang cukup lama dan perusahaan harus membayar lisensi program yang dibeli sehingga ada konsekuensi biaya tambahan yang dibayarkan.
g.      Resiko tidak kembalinya investasi yang telah dikeluarkan apabila terjadi ketidakcocokan sistem jaringan yang dikembangkan.
h.      Mengurangi keunggulan kompetitif perusahaan.
i.        Perusahaan akan kehilangan kendali terhadap aplikasi yang di-outsource-kan
3.      Jenis manajemen jaringan mana yang akan Anda sarankan untuk digunakan pada perusahaan bisnis kecil ke menengah? Jelaskan alasan atas rekomendasi yang Anda berikan.
Penyelesaian:
Berdasarkan teori yang ada, maka sebaiknya untuk perusahaan kecil-menengah menggunakan LAN atau VPN. Penggunaan WAN lebih tepat digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar bahkan perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan penggunaan WAN mencakup wilayah geografis yang sangat luas, lintas negara sehingga membutuhkan sumber daya yang besar pula dari sisi pembangunan dan pengelolaannya, seperti dana, SDM, dan sarana infrastruktur lainnya yang memadai. Adapun penggunaan LAN dapat dilakukan oleh perusahaan kecil-menengah karena meliputi wailayah geografis yang lebih sempit, memiliki pusat data yang lebih tinggi, serta tidak membutuhkan jalur komunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Namun demkian, LAN memiliki kelemahan dari sisi keamanan jaringan dalam hal memantau kinerja internet, intranet, dan ekstranet terkait proses transaksi bisnis dengan stakeholders perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan VPN untuk membentuk jaringan yang aman terhadap penggunaan internet, intranet, dan ekstranetnya.
Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan VPN, diantaranya:
a.       Jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain.
b.      Penggunaaan VPN dapat mereduksi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan kabel yang panjang.
c.       Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.
d.      VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, karena VPN terhubung ke internet.
e.       Investasi pada VPN akan memberikan peluang kembalinya investasi tersebut (ROI = return on investment) yang lebih cepat daripada investasi pada kabel.


KASUS  3
SAIC,Hewlett-Packard,GE,dan Lain-lain: Kasus Bisnis untuk Jaringan Sensor Nirkabel
Halaman 285

Pertanyaan Studi Kasus
1.         Apa saja beberapa manfaat bisnis yang terkait dengan penggunaan jaringan nirkabel untuk mengumpulkan dan mentramisikan data?
Penyelesaian :
Jaringan nirkabel yang mudah untuk menginstal dan memberikan kontrol yang lebih baik atas seluruh sistem. Jaringan nirkabel telah menggantikan jaringan kabel berantakan, yang terlihat berantakan dan sangat sulit untuk menggantikan dalam kasus kerusakan fisik. Data yang dikumpulkan oleh sensor nirkabel ditularkan melalui jaringan nirkabel di tingkat cepat dan disimpan dalam perangkat terpasang. Sensor nirkabel adalah stimulator yang berfungsi sebagai sirene keamanan ketika beberapa hal yang tidak biasa terjadi dalam sistem. Jaringan nirkabel sehingga membantu untuk mengontrol sistem pada waktu yang berarti. Organisasi bisnis bisa mendapatkan keuntungan banyak dari menggunakan jaringan nirkabel dalam bisnis mereka. Beberapa manfaat bisnis jaringan nirkabel tercantum di bawah ini:
-          Peningkatan efisiensi dan produktivitas organisasi.
-          Memfasilitasi fungsi pengendalian organisasi.
-          Membantu untuk membuat penyesuaian yang tepat waktu, sebelum terjadi bencana.
-          Menjamin keamanan bisnis.
-          Transmisi cepat dan akurat data.
-          Keandalan dan fleksibilitas dalam transmisi data.
2.      Apa saja beberapa tantangan yang dihadapi dalam penggunaan teknologi nirkabel? Apa Solusi yang dapat Anda tawarkan?
Penyelesaian:
Dengan kemajuan pasti ada tantangan datang juga. Teknologi nirkabel harus menghadapi beberapa tantangan untuk menghadapi teknologi compettion.Wireless global hanya tumbuh dan ada banyak hal yang harus diperbaiki dan dianggap sesuai kebutuhan dan ketersediaan serta efektivitas jaringan ini untuk membuat lebih efisien dan dapat diandalkan. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh teknologi nirkabel tercantum di bawah ini:
ü  Masalah biaya: Salah satu tantangan terbesar yang memiliki teknologi nirkabel adalah harga nya. Relatif harganya organisasi yang sangat tinggi dan kecil dan menengah menemukan sangat sulit untuk menyesuaikan dalam anggaran mereka. Jadi untuk membuatnya lebih populer mereka perlu mempertimbangkan kebijakan harga mereka. Organisasi penggelaran itu juga harus mempertimbangkan garis anggaran mereka sebelum mengadopsinya.
ü  Range: Rentang adalah sesuatu yang menentukan efektivitas teknologi nirkabel. Jadi mereka perlu fokus pada memaksimalkan jangkauan mereka sehingga pengingat akurat dapat terhibur.
ü  Masalah keamanan: keamanan data yang dikirimkan dan diterima harus lebih fokus sementara menerapkan teknologi tersebut karena mungkin biaya tinggi untuk organisasi jika data yang dikirimkan tidak cukup aman.
ü  Masalah manajemen: Seperti dijelaskan dalam kasus ini, setelah menerapkan teknologi nirkabel dalam organisasi sistem harus fokus pada manajemen informasi yang dikumpulkan dari orang-orang sensor, yang bahkan lebih penting daripada penggelaran teknologi. Mereka menyediakan bundel informasi dan organisasi harus memutuskan apa yang harus dipertimbangkan dan apa yang tidak.


KASUS  4
Best Buy,MedStar Health,dan Unifi: Tantangan dan Manfaat dari Aplikasi Mobile Nirkabel
Halaman 287

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apa keuntungan bisnis dan keterbatasan penggunaan Best Buy Geek Squad perangkat mobile pocket PC nirkabel mereka? Bagaimana telah mengatasi keterbatasan perangkat mobile mereka?
Penyelesaian:
Untuk angkatan kerja mobile pocket PC nirkabel perangkat mobile telah sangat berguna dan telah membantu mereka untuk beroperasi dengan lancar. Ini telah meningkatkan efisiensi pengguna serta manajemen waktu telah lebih mudah. Tingkat kepuasan pelanggan telah mengangkat dan masalah ini diselesaikan dengan mudah dan akurat. Seluruh proses fungsi telah jauh lebih mudah meningkatkan produktivitas bisnis. Menghemat waktu bagi pelanggan dan agen adalah hal yang paling penting yang telah difasilitasi oleh Mobile Application nirkabel.
Ada batasan tertentu juga untuk penggunaan Aplikasi Ponsel nirkabel. Tanpa fasilitas internet kecepatan tinggi layanan ini tidak dapat digunakan. Sistem manajemen database harus sangat kuat untuk mendukung sistem ini. Permasalahan yang membutuhkan kehadiran orang untuk memecahkan mungkin tidak diselesaikan melalui ini. Seperti disebutkan dalam kasus ini sulit untuk menggunakan keypad kecil ponsel PC dan jenis.
Untuk mengatasi keterbatasan kebutuhan untuk mengetik secara manual di keypad kecil, mereka mencari keluar pilihan tangan menulis perangkat lunak pengenalan dan fasilitas pengenalan perintah suara di PC saku.
2.      Apa tantangan pengembangan perangkat lunak perangkat mobile nirkabel? Bagaimana Med bintang Kesehatan dan Unifi pertemuan tantangan tersebut?
Penyelesaian:
Ini adalah pekerjaan yang sangat rumit untuk mengembangkan perangkat lunak untuk  perangkat mobile nirkabel dan memasukkan mereka dalam pekerjaan kita. Konversi paket desktop yang  utuh ke dalam ponsel saku berukuran kecil tidak begitu mudah. Selain memberikan akses ke setiap bit informasi mengenai persediaan dan informasi pelanggan serta videoconference melalui PDA, setiap kerja karyawan, melalui telepon seluler bukan lelucon.
Seiring dengan mereka telepon selular datang dalam berbagai model dan fungsi jadi itu adalah pekerjaan yang sulit untuk mengembangkan perangkat lunak yang diakui oleh semua model. Harus ada variasi dalam perangkat lunak dan harus berpikir tentang setiap sedikit perubahan yang mungkin tidak mendukung aplikasi dalam telepon seluler. Departemen TI Med bintang dunia menghadapi tantangan serupa menampung aplikasi tunggal untuk beberapa pengguna, dengan menggunakan perangkat seluler yang berbeda. Ketika ada banyak pilihan yang tersedia dan setiap fungsi perangkat hampir sama itu tidak mudah untuk mendorong semua orang untuk menggunakan perangkat standar. Ini kebebasan membuat sulit bagi staf TI untuk bersaing dengan model baru dan memastikan bahwa mereka yang kompatibel dengan aplikasi perusahaan.
Untuk mengatasi tantangan ini Med bintang Kesehatan dan Unifi mencari produsen mitra kolaborasi yaitu yang mengembangkan perangkat yang didukung sebagian besar aplikasi perusahaan ini yang sebagian besar digunakan.
3.      Mengapa tidak perusahaan dalam hal ini menggunakan beberapa dari ribuan paket perangkat lunak yang tersedia untuk perangkat mobile nirkabel mereka? Apa keuntungan dan keterbatasan dari pendekatan ini?
Penyelesaian:
Setiap perusahaan memiliki semacam berbeda dari pola bekerja. Perusahaan mengikuti proses dan prosedur yang berbeda untuk bekerja mengenai sifat organisasi. Perusahaan-perusahaan dalam kasus ini tidak menggunakan beberapa dari ribuan paket perangkat lunak yang tersedia untuk perangkat mobile nirkabel mereka karena umumnya perangkat lunak yang dikembangkan sesuai dengan asumsi umum, semua fitur perangkat lunak mungkin tidak berguna untuk bekerja dan apa yang perusahaan kebutuhan perusahaan mungkin tidak ada dalam perangkat lunak umum. Jadi organisasi cenderung untuk mengembangkan perangkat lunak yang mencakup semua fungsi organisasi dan yang sesuai kebutuhan organisasi.
Keuntungan dari pendekatan ini:
-          Meningkatkan produktivitas bisnis.
-          Mengikuti pola organisasi sangat mudah digunakan.
-          Ini khusus dan cepat.
Keterbatasan pendekatan ini:
-          Mahal
-          Memakan waktu, sementara berkembang.
-          Mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat nirkabel yang tersedia.



BAB VII
SISTEM BISNIS ELEKTRONIK
KASUS  1
Sistem Cisco : Kehadiran Jarak jauh dan Masa Depan Kolaborasi
Halaman 293

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apa manfaat utama penyatuan teknologi yang digambarkan dalam kasus tersebut? Bagaimana ini semua melampaui perjalanan perusahaan? Berikan contoh-contoh spesifik.
Penyelesaian:
Manfaat bisnis utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini yaitu:
a.       Mengurangi biaya perjalanan bagi para peserta pertemuan.
b.      Kolaboratisi kerja sama lebih baik karena memungkinkan anggota untuk mengatur telekonferensi terpisah untuk ide spesifik (tertentu), sehingga mengurangi waktu secara keseluruhan dari konferensi umum.
c.       Memungkinkan untuk mempercepat globalisasi suatu perusahaan dengan meniadakan batas dalam lokasi.
d.      Kualitas hidup karyawan menjadi lebih baik karena tidak harus banyak melakukan perjalanan jauh dari keluarga dan teman.
e.       Adanya kemampuan untuk merekam dan pemutaran kembali suatu acara telemeeting sebagai pencatatan dan klarifikasi.
f.       Menunjang kelangsungan bisnis dengan memanfaatkan telepresense untuk mengintegrasikan redundansi dan kolaborasi global.
g.      Mengurangi residu karbon perusahaan secara keseluruhan karena pembatasan penggunaan bahan bakar, dan memanfaatkan ruang bisnis dengan lebih efektif.
h.      Peningkatan produktivitas, inovasi, dan komunikasi.
contoh-contoh spesifiknya :
·         Cisco menggunakan e-mail dan Internet Relay Chat, sebuah bentuk instant messaging yang lama.
·         Penggunaan video blog atau blogs.
·         Membuat sebuah pusat komunikasi unggul secara online.
·         Memperkenalkan I-Zone wiki, forum di perusahaan bagi ide-ide bisnis baru yang diluncurkan oleh TI tetapi tidak menurut Emerging Technologies Group.
2.      Michelle Damrow di Polycom mencatat Cisco bertaruh pada standar kepemilikan atas produk jarakjauh,dimana competitor melakukan interoperabilitas. Apakah Anda setuju dengan strategi Cisco? Iya atau tidak, Mengapa? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Saya setuju dengan strategi yang dilakukan oleh Cisco. Ada beberapa alasan mengapa saya setuju dengan strategi Cisco, yaitu · Standard-based communication yang digunakan oleh Cisco akan lebih unggul daripada pesaing yang lain.
1)      Keputusan yang dipilih oleh Cisco sudah tepat untuk menghadapi pesaing seperti HP yang memperkenalkan sistem Halo telepresence.
2)      Keputusan yang dipilih oleh Cisco ini akan mempermudah Cisco untuk melakukan merger high-end telepresence system.
3)      Standar kepemilikan eksklusif untuk produk TelePresence ini, dapat meningkatkan brand power Cisco di pasar.
3.      Berpikir tentang wiki I-Zone yang digambarkan dalam kasus tersebut, forum Cisco untuk ide-ide bisnis baru, dan gambaran  kesuksesannya. Mengapa anda berpikir bahwa inilah masalahnya? Apakah teknologi-teknologi ini mendorong kreativitas, menyediakan sebuah kesempatan untuk menyampaikan ide yang sudah ada, atau keduanya? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
a.       Persoalan tersebut terjadi karena :
-          Wiki telah menghasilkan 600 ide dengan potensi $ 1 miliar per tahunukuran usaha
-          Wiki mengakibatkan internet telah berkembang ke fase lanjut.
-          Wiki ini menyebabkan fokus pada kolaborasi dan pengenalan hirarki perusahaan.
-          Adanya pergeseran dalam penjualan produk dan pemasaran, dan grup finansial lainnya ke arah lebih horizontal tanpa perintah dan kontrol.
b.      Teknologi dapat membantu perkembangan kreativitas dan juga memberikan kesempatan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada. Dengan menempatkan orang-orang kreatif dalam tempat kerja yang sama, mereka dapat saling membangun ide-ide masing-masing. Mereka juga dapat mengkomunikasikan ide-ide tersebut kepada orang yang memiliki kemampuan untuk membantu mereka. Selain itu, ruang kerja yang mudah dicari memungkinkan informasi mengalir lebih cepat ke semua peserta.


KASUS  2
Sistem Cisco : Kehadiran Jarak jauh dan Masa Depan Kolaborasi
Halaman 306

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apa beberapa keuntungan bisnis dari teknologi yang digambarkan dalam kasus tersebut? Berikan beberapa contoh dibalik proses-proses yang berorientasi otomatisasi transaksi
Penyelesaian:
Beberapa manfaat bisnis dari teknologi HRM dijelaskan dalam kasus tersebut dijelaskan di bawah ini:
-          Ini jauh lebih cepat karena seperti yang ditetapkan dalam kasus ini, dengan menggunakan teknologi HRM OHSU mengisi lowongan pekerjaan dua minggu lebih cepat daripada dulu.
-          Membuat proses perekrutan dan kontrak karyawan lebih mudah. Sebagaimana ditentukan dalam kasus Sony Computer Entertainment America Inc dengan menggunakan software logika tenaga kerja yang mempekerjakan manajer, memastikan pemahaman yang mudah dan sesuai dengan perbedaan hukum antara kontrak dan orang-orang yang digaji.
-          Memfasilitasi fungsi manajemen kinerja karyawan, pengembangan karir dan perencanaan suksesi. Seperti dikatakan dalam  kasus Tyco internasional Ltd menggunakan Kenexa Karir tracker untuk melacak promosi dan kinerja karyawan.
-          Melacak kinerja karyawan dan promosi yang objektif serta perencanaan suksesi  seperti dijelaskan dalamkasus Tyoco International Ltd menggunakan perangkat lunak CareerTracker Kenexa yang bisa memplot kinerja karyawan pada grafik untuk mengidentifikasi prestasi kerja dan memenuhi kepemimpinan standar perilaku Tyco dan bisa menemukan orang-orang terbaik untuk mengisi lowongan pekerjaan kunci serta menganalisis pelatihan apa yang mereka butuhkan.
-          Mengatur penjadwalan jam kerja dan manajemen kompensasi seperti dijelaskan dalam kasus di Pusat Kesehatan Banner dengan menggunakan aplikasi Kronos.


2.      Apakah Anda berpikir nilai bisnis dari aplikasi –aplikasi strategis HRM bergantung pada jenis bisnis dalam sebuah perusahaan, misalnya konsultasi, pabrikasi atau layanan profesional? Iya atau tidak, Mengapa? Jelaskan.
Penyelesaian:
Saya pikir setiap sifat yang berbeda dari organisasi memiliki pola kerja yang berbeda. Mereka berfungsi secara berbeda dan mereka mengelola sumber daya mereka secara berbeda. Namun tema utama manajemen adalah sama di semua. Karena beberapa hal ini bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Teknologi manajemen HRM yang bekerja di sebuah restoran mungkin tidak bekerja di bank. Sebuah organisasi manufaktur mungkin memiliki cara yang berbeda untuk membuat penyesuaian sumber daya manusia dan kriteria yang berbeda untuk menyewa dan menjaga mereka.
Ya, saya setuju bahwa nilai bisnis strategis aplikasi manajemen Sumber Daya Manusia ini tergantung pada jenis bisnis organisasi ini di karenakan mungkin mereka semua memiliki ketentuan yang sama menjaga sangat membunyikan karyawan dikelola dengan baik dan mempertahankan mereka tetapi mereka dapat bertindak secara berbeda terhadap mencapai hal itu. Ketika pola mereka berbeda mereka harus mengikuti proses yang berbeda dan cara untuk mendapatkan tujuan.
3.      Apa saja tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem HRM? Apakah keunikan jenis system ini ? Strategi apa yang akan Anda rekomendasikan bagi perusahaan-perusahaan untuk memenuhi tantangan tersebut? Berikan beberapa rekomendasi khusus.
Penyelesaian:
Tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan melaksanakan sistem HRM yang disebutkan di bawah :
-          Hanya menerapkan teknologi HRM dalam sebuah organisasi tidak cukup , mereka perlu diintegrasikan , dengan data yang disimpan dalam repositori umum , untuk mendapatkan nilai optimal dari itu . Dan pekerjaan ini tidak begitu mudah .
-          Ada kemungkinan perpecahan antara departemen perusahaan yang berbeda ; itu harus dilaksanakan di beberapa unit bisnis menjalankan berbagai jenis fungsi . Mempertahankan keseragaman penggunaan di antara berbagai departemen menantang .
-          Hal ini sangat memakan waktu , karena ini membutuhkan lebih dari 5 tahun untuk mengubah seluruh sistem.
-          Setiap sistem dilengkapi dengan tantangan tertentu dan itu kita yang perlu mempertimbangkan tantangan dan mencoba untuk meminimalkan itu dalam rangka untuk mendapatkan jumlah keuntungan dari itu . Beberapa rekomendasi saya ingin mengusulkan kepada organisasi untuk memenuhi tantangan ini tercantum di bawah ini :
-          Dibutuhkan waktu , kita tahu , tapi kemudian untuk memulai adalah hal yang paling penting . Jadi tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan , semakin cepat kita mengadopsi lebih cepat yang akan selesai .
-          Untuk mengendalikan masalah keseragaman , organisasi dapat mengembangkan teknologi HRM disesuaikan mengingat setiap departemen tunggal dalam organisasi . Dan departemen yang benar-benar berbeda , ketentuan selalu bisa dibuat seperti itu.
Beberapa rekomendasi yang saya ingin usulkan kepada organisasi tempat saya bekerja adalah sebagai
berikut:
-          Setiap harinya, sebagai instansi pemerintah banyak menerima dan mengeluarkan surat.  Tetapi sebagian besar masih dilakukan secara manual.  Artinya bila ada surat masuk dicatat oleh sekertaris dimasukkan ke Kepala Pusat untuk diketahui dan didisposisikan kemudian dikirimkan atau disebarkan.  Begitu pula dengan surat keluar harus melalui tahapan birokrasi sebelum dikirimkan.  Hal ini tentu saja selain boros waktu juga boros biaya dan juga tidak efektif dan efisien.  Belum lagi karena berbentuk fisik, sehingga mudah hilang dan rusak sehingga sangat fatal akibatnya bila itu merupakan surat yang penting. Beberapa tahun yang lalu sudah ada wacana dari sekjen dengan mensosialisasikan penggunaan surat elektronik namun seiring berjalannya waktu dan pergantian pemimpin, wacana ini sudah tidak berjalan lagi sehingga 90% persuratan kembali kecara tradisional. 
-          Penilaian kinerja masih menggunakan DP3 dari atasan sehingga sangat rentan dengan subjektivitas.  Sangat efektif apabila di dunia pemerintahan dimana jumlah pegawainya jutaan agar menggunakan software yang bisa melakukan penilaian kinerja secara objektif,  serta dapat melacak kinerja dan promosi serta perencanaan suksesi yang baik seperti pada Tyoco International Ltd yang menggunakan perangkat lunak CareerTracker Kenexa.  Sudah menjadi rahasia umum bahwa di pemerintahan seringkali jabatan tidak diduduki oleh orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan di bidangnya serta tidak tepat dalam menempatkan karyawan sehingga banyak pelayanan public tidak mampu memuaskan masyarakat.

Memang untuk menerapkan kedua hal tersebut sangatlah sulit tetapi tidak mustahil.  Hanya dibutuhkan komitmen dan kemauan untuk berubah dan menjadi lebih baik dengan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.  Dan itu tidak hanya sekadar slogan tetapi dapat terbukti nyata.  Kendala yang dihadapi memang klasik yaitu waktu dan komitmen, sehingga jangan sampai suatu system informasi yang menghabiskan biaya yang besar tetapi tidak efektif dan efisien karena SDM nya tidak mau mempelajari system yang baru karena tidak ingin berubah dan sudah merasa nyaman dengan kondisi yang ada.

KASUS  4
Yahoo,Google, dan Chrysler: Bagaimana Internet Mengubah Periklanan dan Pemasaran
Halaman 326

1.      Mengapa perusahaan seperti Chrysler sekarang melihat lebih terbantu melalui Internet sebagai medium yang besar untuk biaya periklanan mereka? Apa yang sudah mengubah pandangan mereka?
Penyelesaian:
Dengan perkembangan telekomunikasi dan internet, itu benar-benar global dan dampaknya sangat besar. Seperti yang disajikan dalam kasus ini seorang Amerika menghabiskan lebih dari 30% dari waktunya di internet. Internet telah mengambil waktu dari televisi dan Medias lainnya. Kasus mengatakan bahwa 63% dalam survei mengatakan bahwa internet adalah alat membangun merek dan hampir setiap bagian dari rumah tangga Amerika terhubung dengan internet dan juga ada pertumbuhan 50% pada pengguna internet. Ini juga berbicara tentang aliran besar dolar dalam iklan online dalam beberapa tahun terakhir.
Tergantung pada kertas media dan televisi yang hampir setengah abad tua dan mengikuti jalan yang sama iklan sejak lama telah sangat monoton. Mungkin Chrysler sedang mencari yang lebih menguntungkan di internet sebagai media yang lebih besar untuk dolar iklan mereka karena survei dan penelitian menunjukkan seberapa efisien adalah dengan menggunakan internet dan bagaimana orang-orang terpesona ke arah itu. Sebagai Roehm mengatakan, hal itu mungkin terdengar seperti pemasaran pecandu, tapi mereka suka ikan di mana ikan, yang karena mereka terkenal tentang persepsi berubah rakyat dari TV dan media cetak untuk internet.
2.      Bagaimana sumber pendapatan iklan online Google dan strateginya berbeda dari yahoo? Strategi iklan  online mana yang mengungguli Untuk menarik iklan dari perusahaan besar? Pertahankan pendapat Anda.
Penyelesaian:
Google telah secara efektif diciptakan kembali iklan online dengan target, diklasifikasikan link teks yang dapat kita lihat di mana-mana. Mereka memiliki strategi untuk pergi keuntungan melonjak dari penjualan iklan tersebut dan mengemudi tinggi kapitalisasi pasar saham mereka ke miliaran. Mereka umumnya berbasis teks dan memberikan hasil yang sederhana dan terkait dengan orang-orang mencari sedangkan membuat sejumlah besar keuntungan dalam iklan itu memberikan suatu organisasi.
Yahoo melakukan pada, iklan pencarian, iklan baris online dan sejumlah pembangkit komisi bisnis seperti menjual SBC dan Verzzion langganan broadband. Mereka jauh visual yang berorientasi dan mudah untuk berhubungan dengan dan memahami. Peluang Yahoo besar dan untuk pengguna baru pemasaran online dapat lebih membantu karena mereka tidak terbatas pada sesuatu, mereka melakukan hampir segala sesuatu.
Untuk menarik perusahaan kecil untuk iklan strategi Google akan bekerja karena mereka memiliki sangat sedikit untuk mengatakan tentang diri mereka sendiri pada awalnya dan mereka dapat mengelola anggaran mereka dengan menjadi tepat dalam teks.
Sedangkan, perusahaan besar dapat menggunakan yahoo dan memiliki perasaan besar sebagai merek mereka memiliki dengan membuatnya lebih cemerlang dan grand.
3.      Seandainya Anda ada di posisi Julie Roehm dari Chrysler, bagaimana Anda akan mendistribusikan  biaya periklanan Chrysler, diantaranya online,televise, dan media cetak? Pertahankan posisi Anda.
Penyelesaian:
Jika saya Dalam posisi Julie Roehm ini di Chrysler, mudah-mudahan suatu hari nanti, saya akan membagikan 50% dari biaya iklan untuk internet mempertimbangkan ketersediaan internet dan pertumbuhan dan untuk iklan TV saya akan mengalokasikan 30%, karena televisi juga merupakan media yang sangat terkenal untuk mencapai orang dan sisanya 20% saya akan berinvestasi pada kertas dan media cetak karena meskipun mereka media tua tapi masih ada orang yang pergi untuk itu dan juga iklan kertas dan cetak mudah untuk menjaga sebagai memo pelanggan.



BAB VIII
SISTEM BISNIS PERUSAHAAN

KASUS  1
NetSuite Inc., Berlin Packaging,Churchill Downs, dan lain-lain: Rahasia CRM ada pada Data
Halaman 332

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Apa manfaat bisnis utama dari implementasi CRM bagi organisasi seperti Berlin  Packaging  dan Churchill Downs? Apa kegunaan lainnya dari CRM yang Anda rekomendasikan untuk Churchill Downs? Menyediakan beberapa alternatif.
Penyelesaian:
Manfaat bisnis dari implikasi CRM untuk organisasi seperti Berlin Kemasan dan Churchill Downs tercantum di bawah ini :
-          Keselamatan catatan pelanggan dan sistem yang dikelola dengan baik tanpa dokumen tersebar dan tumpang tindih file bersama dengan konsistensi .
-          Sumber Akurat kebenaran yang dapat diandalkan .
-          Konversi dari dua fungsi yang berbeda menjadi satu sehingga manajemen menjadi lebih mudah dan informasi yang menjadi lebih relevan .
-          Akumulasi Exact dari pelanggan lingkaran dan memfasilitasi kategorisasi mereka .
-          Pelacakan yang tepat dari pelanggan .
Penggunaan lain dari CRM akan :
-          Waktu kustomisasi real dan personalisasi produk dan layanan sehingga mereka dapat berhubungan dengan mudah dengan satu sama lain .
-          Untuk memastikan bahwa pelanggan yang senang dengan organisasi secara konsisten disimpan di bawah kesan yang sama atau tidak .
-          Dalam rangka memberikan dukungan dan layanan di semua titik kontak pelanggan sehingga pelanggan bisa lebih loyal terhadap organisasi .
Potensi manfaat bisnis dari manajemen hubungan pelanggan sangat banyak. Contohnya, CRM memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi serta berfokus pada para pelanggan terbaik mereka, yaitu mereka yang paling menguntungkan bagi perusahaan, agar mereka dapat dipertahankan sebagi pelanggan seumur hidup untuk layanan yang lebih besar dan menguntungkan. Manajemen hubungan pelanggan memungkinkan penyesuaian dan personalisasi real-time atas berbagai produk dan jasa berdasarkan pada keinginan, kebutuhan, kebiasaan membeli serta siklus hidup para pelanggan. CRM juga dapat menelusuri saat ketika pelanggan menghubungi perusahaan, darimana pun titik hubungannya.
Sebelum Churchill Downs tidak menggunakan CRM, telah diasumsikan data agregat diambil dari klub loyalitas Twin itu Spires dapat dipecah menjadi empat ember yang berbeda dari pelanggan. Tapi, setelah Atique Shah bergabung dengan perusahaan sebagai Wakil Presiden solusi CRM dan teknologi, ia menggunakan Epiphany Inc perangkat lunak CRM dan didukung oleh data-pertambangan alat dan IBM Ascential data ekstraksi dan transformasi perangkat lunak. Shah menemukan bahwa sebenarnya sembilan jenis pelanggan agregat merupakan indikasi bahwa upaya sebelumnya itu pemasaran tidak berguna. Ini menunjukkan bahwa data dapat diterjemahkan ke dalam peningkatanpenjualan.
2.      Apakah Anda setuju dengan ide bahwa organisasi yang lebih kecil lebih baik diposisikan menjadi pengguna yang lebih efektif dari CRM dibandingkan yang lebih besar?Iya atau tidak, Mengapa ? Berikan Alasannya.
Penyelesaian:
Organisasi yang lebih kecil memiliki pelanggan yang terbatas sehingga menjadi mudah bagi mereka untuk mengelola informasi mereka. Juga ketika organisasi kecil mengadopsi CRM, menjadi lebih mudah untuk menerapkannya karena perubahan dan penyesuaian dapat dilakukan dalam massa kecil, tidak begitu sulit untuk membuat perubahan di tempat kecil tapi organisasi besar memiliki pelanggan besar berikut dan mereka memiliki volume besar data yang akan disesuaikan dan dikelola dan disinkronkan dalam sistem, yang menjadi sangat sulit dan hal-hal akan kacau. Ada muncul kemungkinan lebih slacking dan salah menaruhkan data dan informasi.
Jadi saya pikir karena volume data dan trend organisasi organisasi besar merasa sulit untuk mempertahankan CRM. Organisasi kecil karena sifat fleksibel dan konsep segar lebih terfokus pada manajemen pelanggan untuk pertumbuhan organisasi sehingga menjadi lebih mudah bagi mereka untuk menjadi lebih berdedikasi terhadap CRM.
3.      Salah satu masalah utama yang dicatat dari kasus ini adalah pentingnya data yang “barang” untuk keberhasilan implementasi CRM. Kami telah mendiskusikannya pada bab 5, ketika kami membandingkan pengolahan arsip dan pendekatan manajemen basis data dengan manajemen sumber daya data. Masalah manakah yang dibahas tersebut yang Anda lihat sekarang dalam kasus ini? Bagaimana aplikasi CRM berusaha untuk menyelesaikannya ? Gunakan contoh dari kasus untuk mengilustrasikan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Data adalah sumber utama informasi. Jika data tidak akurat dan up to date tidak mungkin untuk memperoleh informasi yang berharga dan berguna dari itu. Data adalah sumber daya yang paling berharga bagi informasi yang efektif dan efisien. Dibandingkan dengan sistem pengolahan data dari kasus 5 di sini dalam kasus ini kita dapat melihat bahwa organisasi dapat memiliki masalah file kelebihan beban dengan catatan pelanggan yang tersebar dengan cara yang unmanaged. Tumpang tindih dan inkonsistensi dalam manajemen file juga bisa menjadi kelemahan utama dari sistem pengolahan berkas dan bahwa apa ids dibahas dalam hal ini tentang pengaturan sistematis dari catatan pelanggan yang tidak dapat diambil pada saat kebutuhan dan membuat keputusan.
Seperti terlibat dalam kasus jika data yang disimpan saja dan kita tidak akan pernah menemukan cara bagaimana menggunakannya maka itu tidak layak disimpan. Data disimpan untuk generasi informasi dan jika data yang tersimpan tidak dapat memberikan rasa informasi maka tidak ada gunanya.


KASUS  2
Pemimpin TI,Vertex Distribution, dan Prevention Partners: Masa Depan ERP Mungkin akan Terletak pada Sumber Terbuka
Halaman 344
1.      Kasus ini menyoroti perbedaan dalam mengadopsi sistem ERP sumber terbuka antara perusahaan kecil atau menengah dan besar. Apa alasan utama di balik perbedaan ini? Apakah menurut ini hanya masalah biaya? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Adopsi terbuka sistem source ERP di organisasi kecil dan menengah jauh lebih mudah daripada dalam organisasi besar. Alasan di balik ini mungkin:
-          Organisasi kecil yang fleksibel dari organisasi-organisasi besar, dalam hal ukuran dan kinerja.
-          Organisasi kecil dapat fokus pada perubahan sistem dan menyesuaikan sesuai itu, sedangkan di organisasi besar itu sangat sulit untuk mengelola perubahan.
-          Pelatihan dapat lebih efektif di antara massa kecil dibandingkan sekelompok orang.
Hal ini tidak hanya soal biaya karena jika organisasi begitu besar jauh lebih baik daripada organisasi kecil dan menengah dalam bentuk uang. Secara keseluruhan itu adalah proses manajemen yang membuat perbedaan.
2.      Sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang jelas adalah kekuatan dari perusahaan modern. Seberapa nyaman Anda merasa mengenai merekomendasikan pengadopsian paket sumber terbuka untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini, dan mengapa?Perlawanan seperti apa,kia ada,yang anda harapkan bisa ditemukan dalam proposal anda ?
Penyelesaian:
Enterprise Resource Planning pasti adalah tulang punggung untuk fungsi dan keberhasilan perusahaan modern. Sejak ERP meminimalkan kompleksitas bisnis dengan radikal mengubah proses bisnis dan sistem informasi, penggunaan ERP dalam bisnis dapat mengakibatkan produktivitas dan efisiensi business.ERP memainkan peran penting dalam meningkatkan setiap sektor organisasi termasuk, perencanaan produksi, agar distribusi penjualan manajemen, sumber daya manusia, Akuntansi dan Keuangan. Ini mencakup setiap komponen organisasi dan membuat prosedur lebih easies organisasi, efisien dan efektif.

ERP perubahan pola bisnis secara keseluruhan dan orang-orang menolak perubahan. Juga perencanaan dan pelaksanaan yang efektif diperlukan untuk mengkonversi perubahan besar seperti yang efektif. Jadi mungkin ada beberapa hambatan tetapi jika efisien dijalankan dengan persiapan yang tepat ERP dapat menghasilkan sukses besar dari sebuah organisasi.
3.      Apakah Anda setuju dengan alasan pemikiran yang dinyatakan oleh beberapa CIO dalam kasus ini bahwa bila sistem ERP perlu untuk disesuaikan, dimulai dengan paket sumber terbuka yang lebih masuk akal daripada yang komersial? Iya atau tidak, Mengapa? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Paket open source jauh fleksibel dan interaktif. Paket tersebut mudah untuk mengintegrasikan dengan program aplikasi lain dari pengguna bisnis. Ini juga mudah untuk membuat modifikasi kecil untuk memenuhi proses bisnis organisasi. Jadi jika paket open source yang digunakan dari organisasi dapat mendesain ulang dan cetakan itu ke dalam pola kerja organisasi yang membantu dalam memahami perangkat lunak lebih mudah dan membuat yang terbaik dari itu. Jadi saya pikir jika itu harus disesuaikan nanti, karena pola yang berbeda dari kinerja organisasi yang berbeda itu jauh lebih mudah untuk pergi untuk paket perangkat lunak terbuka lebih web yang memungkinkan dan spesifik suite bisnis.

KASUS  4
AutoSystems:Nilai Bisnis dari Keberhasilan Sistem ERP untuk Pabrikasi Kecil
Halaman 371

Pertanyaan Studi Kasus
1.      Mengapa Autosystem memutuskan untuk memasang sistem ActivEntry? Mengapa mereka merasa perlu untuk mengintegrasikan dengan system ERP TRANS4M miliknya?
Penyelesaian:
Autosystems memutuskan untuk menginstal sistem ActivEntry karena mereka ingin melatih karyawan lantai mereka dengan membuat informasi yang dapat diakses oleh mereka dengan manajemen risiko untuk mengalami dampak positif dari berbagi ini dalam kinerja dalam suatu organisasi. Menggunakan ActivEntry informasi yang sekarang tersedia dengan pusat kerja, tentang efisiensi tenaga kerja, biaya produksi dan skrap. Ini mengakibatkan rencana efisien untuk membuat perubahan dan menyesuaikan produksi.
Mereka merasa bahwa itu perlu untuk mengintegrasikan TRANS4M sistem ERP untuk membuat sesuatu bekerja bersama-sama dengan lancar. Setelah meningkatkan tenaga kerja dalam sistem itu penting untuk meng-upgrade sistem serta sehingga untuk mengakomodasi tenaga kerja tambahan bagi fungsi efisien dari kegiatan bisnis.
2.      Apakah tiga manfaat bisnis dari banyaknya hasil dari penggunaan ActivEntry yang memberikan perusahaan nilai bisnis yang paling besar? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
ActivEntry terbukti sangat bermanfaat bagi organisasi. Karena pelaksanaan ActivEntry visibilitas di lantai dialami dengan tarif memo meningkat. Hal ini juga memfasilitasi setiap karyawan untuk lebih sadar tentang apa yang biaya uang perusahaan. Mereka lebih cenderung untuk mengambil keputusan yang efektif mengenai dampak aktivitas organisasi. Mereka juga menikmati manfaat dari transparansi dan tenaga kerja yang efisien. Saya t juga membantu perencana mereka banyak dengan visibilitas. Mereka dapat memantau informasi dari semua tanaman dan membuat pengaturan dan penyesuaian yang diperlukan. Mereka memiliki baik, data yang akurat dalam TRANS4M ERP untuk membuat keputusan yang lebih baik. Mereka mampu mengandalkan data yang disediakan.
Dari semua ini, saya pikir manfaat utama adalah kemampuan untuk menangkap tenaga kerja, efisiensi, produksi, memo dll pada waktu dan oleh pusat kerja untuk setiap aspek dan komponen dan mampu berbicara tentang itu dalam pertemuan tim di dasar sehari-hari. Hal ini memberikan visi yang jelas tentang apa yang terjadi benar dan apa yang salah sehingga penyesuaian dan perbaikan dapat dibuat sesuai itu.
3.      Perubahan apa yang telah direncanakan untuk meningkatkan penggunaan ActivEntry? Apa pengembangan lainnya yang sebaiknya dipertimbangkan oleh perusahaan? Mengapa?
Penyelesaian:
Dalam rangka meningkatkan penggunaan ActivEntry, mereka berencana untuk mengadopsi lebih PC di lantai. Penggunaan kode bar printer dan scanner di lantai juga dibuat sehingga memudahkan penggunaan ActivEntry. Mereka juga dirancang pekerjaan baru dengan konsep baru sebagai "Analis Produksi" untuk kelancaran fungsi sistem baru. Mereka juga mengatur pelatihan, dukungan dan bantuan terus rekan produksi sehingga sistem ini bisa lebih bermanfaat untuk organisasi.

Mereka juga harus memiliki orang khusus dalam angkatan kerja di lantai sehingga mereka bisa memantau para pemain dan membuat penyesuaian real time, membuat sistem lebih halus dan efektif. Mereka harus mempertahankan kontrol yang tepat atas penggunaan sumber daya sehingga karyawan dapat lebih produktif. Mereka juga harus menjadi perhatian dan fokus terhadap masalah keamanan dan melihat bahwa jika sesuatu yang tidak harus dibagi di lantai atau tidak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar