TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENYELESAIAN
STUDI KASUS
BAB
VI,BAB VII, BAB VIII
D
I
S
U
S
U
N
OLEH
NAMA
:
MUTIARA BASARIA SIHOMBING
NIM : 140521080
MATA KULIAH : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
JURUSAN : MANAJEMEN EKSTENSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2015
BAB
VI
TELEKOMUNIKASI
DAN JARINGAN
KASUS 1
Starbuks
dan Lainnya: Masa Depan dari Jaringan Wi-Fi Publik
Halaman 233
Pertanyaan
Studi Kasus
1.
Apakah
Anda setuju dengan rencana Starbucks untuk menawarkan Wi-Fi dengan waktu
terbatas untuk pelanggan? Apakah
dengan Wi-Fi akan cukup untuk menanamkan semacam loyalitas? Berdasarkan
pengalaman dari kedai-kedai kopi lain yang dilaporkan di atas, menurut Anda,
apakah akses gratis merupakan faktor penting dalam mengembangkan basis
pelanggan setia?
Penyelesaian
:
Ya, saya setuju. Rencana Starbucks dalam menawarkan Wi-Fi terbatas adalah salah satu ide brilian yang akan menarik
pelanggan untuk datang sekaligus memotivasi pelanggan
mengeluarkan uang untuk barang dan jasa sehingga diharapkan
dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Starbucks melihat Wi-Fi sebagai sarana untuk bersaing dengan
kompetitor lain seperti buku Bauhaus + kopi atau bahkan restoran Mc
Donald. Menurut Rahmat Heinze, seorang manajer dari 13 tahun di Bauhaus,
ia menyimpulkan bahwa "Orang datang ke sini karena mereka menyukai
atmosfer kita dan karena mereka menyukai kopi kami".
Wi-Fi digunakan lebih sebagai insentif pada Starbucks yang membuat orang untuk beralih ke mereka, ini bahkan
tidak meningkatkan biaya mereka apalagi itu membuat Starbucks populer bersama dengan orang-orang menjadi setia kepada
mereka. Ini manfaat yang luar biasa bagi Starbucks untuk menarik orang menggunakan
layanan mereka yang lain. Internet saat ini hampir gratis di kebanyakan
tempat tetapi dengan cara yang lebih baik dan dalam bentuk yang lebih baik maka
pelanggan pasti pergi untuk
itu. Akses internet gratis bisa
dikatakan hanya
sebagai icing pada kue.
Tanpa icing, sebagai kue yang baik adalah kue, icing sebenarnya bukan bahan kue tetapi jika
dilakukan maka terlihat baik dan membuatnya lebih enak. Kualitas produk
dan layanan yang disediakan perusahaan merupakan faktor kunci bagi pelanggan setia tetapi paket
gratis dan voucher seperti Wi-Fi membuat orang lebih setia.
Starbucks telah beralih fokus mereka pada layanan Wi-Fi terbatas untuk pelanggan setia. Ini menunjukkan bahwa Starbucks ingin menjadi sebuah
perusahaan tangkas. Tentu pokok mereka adalah kopi, tapi ketika mereka
mencoba untuk tumbuh dan memperoleh penghasilan lebih, mereka menyadari bahwa
pangsa pasar yang lebih besar dapat membantu melakukan keajaiban bagi
pendapatan. Parafrase James O'Brien dan George M. Marakas menyatakan
bahwa sebuah perusahaan tangkas
bekerjasama dengan pelanggan, pemasok, perusahaan lain, dan bahkan
pesaing. Mereka juga berkembang pada perubahan dan ketidakpastian.
Saya berpendapat bahwa
Wi-Fi akan cukup untuk menanamkan semacam loyalitas. McDonald dan Starbucks keduanya
memiliki kemitraan dengan AT & T yang merupakan salah satu dari penyedia
hotspot Wi-Fi terbesar di Amerika Serikat. Ini
bisa memberikan jaringan yang cepat dan efisien untuk para pelanggan yang
menggunakan Wi-Fi. Starbucks adalah salah satu rantai pertama yang menawarkan
akses Wi-Fi untuk pelanggan, pertama melalui perjanjian dengan T-Mobile dan
kemudian dengan AT & T. Pengunjung Starbucks dapat menikmati fasilitas
Wi-Fi hingga dua jam dari kedai kopi favorit mereka, asalkan mereka sebagai
pelanggan AT & T atau mereka menggunakan Kartu Starbucks untuk login.
Menurut saya, akses
gratis adalah faktor penting dalam mengembangkan basis pelanggan setia. Seperti yang kita ketahui, semua kedai
kopi saat ini menyediakan Wi-Fi. Bagi
mereka yang belum menyediakan layanan Wi-Fi akan gagal dalam memikat atau
mendapatkan pelanggan. Misalnya,
Starbucks memiliki menawarkan akses Wi-Fi untuk pelanggannya. Banyak orang bisnis atau mahasiswa
yang menyukai duduk di sana dengan membeli kopi dan menggunakan Wi-Fi untuk
online. Mereka akan menikmati
saat ini dengan minum kopi dan online untuk chatting dengan teman dan
sebagainya. Hal ini seperti yang
dilakukan Seattle Bauhaus, kopi telah lama bergantung pada Wi-Fi untuk membantu
mendatangkan pelanggan.
2.
Sebagian
alasan bagi pergerakan Starbucks ada hubungannya dengan meningkatnya persaingan
dari rantai seperti McDonald untuk orang sarapan pagi. Apakah Anda
berpikir bahwa akses nirkabel gratis oleh seperti pesaing akan memindahkan
bagian signifikan dari pelanggan Starbucks jauhnya? Mengapa atau mengapa
tidak?
Penyelesaian:
Tidak, Starbucks telah
mendorong kartu yang menguntungkan Starbucks, yang membawa tiga cara untuk
manfaat bagi pelanggan. Starbucks dan AT & T akan memberikan dua jam
Wi-Fi per hari, tetapi hanya jika Anda menggunakan kartu Starbucks. Jika
ingin lebih dari dua jam, Anda dapat membayar $ 19,99 per bulan, yang juga hak
Anda untuk unlimited Wi-Fi yang ditawarkan oleh AT & T di sekitar 70.000
hotspot di 89 negara. Starbucks tidak hanya mengalahkan penjual gula dan
kafein lain dengan menawarkan Wi-Fi gratis, tetapi juga mendorong kartu yang
menguntungkan Starbucks dan menyediakan jalur upgrade untuk orang bersemangat
menyerahkan uang dalam pertukaran untuk akses tak terbatas. Manfaat kartu Starbucks
dalam tiga cara. Pertama, orang dengan kartu Starbucks di saku mereka
mungkin lebih cenderung memilih Starbucks ketika ada alternatif lain yang
berdekatan. Kedua, dengan mendapatkan jutaan pelanggan membayar di muka,
Starbucks mendapatkan lebih banyak uang dimuka (daripada menunggu sampai orang
benar-benar mendapatkan kopi mereka). Terakhir dan terbaik adalah bahwa
kartu hilang, dicuri, atau dilupakan. Ketika itu terjadi, Starbucks akan
menyimpan uang tanpa memasok apa-apa. Saklar AT & T membantu Starbucks
menangkis persaingan dari McDonald, yang telah mempromosikan kopi premium yang
ditawarkan serta hotspot sendiri dijalankan oleh AT & T. Ini juga akan
membantu memperluas penawaran hiburan digital di toko.
Kompetisi adalah semua yang membantu untuk berpikir dan datang dengan ide baru. Ketika Anda menghadapi perusahaan raksasa di depan Anda, dikenal baik maka tidak mungkin untuk bertahan hidup
tanpa menerapkan ide kreatif untuk bersaing. Bila Anda tidak bisa bersaing
dengan mereka dalam hal biaya dan kualitas maka Anda harus mencari pilihan
kedua. Starbucks
melakukan hal yang sama. Tanpa banyak mempengaruhi,
biaya itu dikemas dalam layanan paket seperti ini yang
tampak jauh lebih baik untuk orang lain, daripada McDonald. Starbucks
melakukan hal yang sama itu memberikan sesuatu yang lebih dalam harga yang sama
dan kualitas yang sama bahwa orang menemukan hal menarik.
Ketika orang akan menemukan alternatif yang lebih baik yang memberikan
mereka utilitas yang lebih besar maka pasti orang-orang beralih ke mereka. Akses
internet gratis telah menjadi faktor menarik karena dikemas layanan yang sama
dari kualitas yang sama dan melilitkannya di dalam paket warna-warni yang
catchier dari sisa paket pesaing.
Sebagaimana disebutkan di atas, menawarkan konektivitas nirkabel gratis
mungkin menawarkan beberapa jenis keunggulan kompetitif. Menurut Arie de
Geus sebagai telah dibaca dalam Manajemen Sistem Informasi, "Kemampuan
untuk belajar lebih cepat dari pesaing Anda mungkin hanya keuntungan kompetitif
yang berkelanjutan di masa depan." Hal ini dapat dirasakan bahwa McDonalds
mungkin memiliki keunggulan kompetitif yang
Starbucks cari selama ini. McDonalds dengan
penyediaan fasilitas sarapan untuk
beberapa waktu. Beberapa tahun yang lalu, mereka mengubah vendor kopi dan
mulai membual tentang kopi mereka. Dari mulut ke mulut dan pengalaman pribadi memungkinkan
McDonalds untuk bersaing di pasar kopi saat ini. McDonalds juga menawarkan
Wi-Fi ketika Starbucks berjuang dengan keputusan untuk biaya untuk itu.
Starbucks sedang mencoba untuk menjadi pemain di mahkota
sarapan pagi dengan menunjukkan gambar sarapan sandwich. Hal ini menggambarkan kebutuhan kompetitif hanya untuk
mengikuti dan bersaing dengan McDonalds untuk orang
sarapan. Seperti disebutkan awal, mereka dapat menjaga dengan McDonalds karena kebutuhan, tetapi mereka mungkin
mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan kedai kopi pop lain
dengan aplikasi Smartphone bahwa konsumen langsung ke
Starbucks terdekat untuk memuaskan kehausan mereka dan mengisi memuaskan rasa
lapar mereka.
3.
Kasus
ini mencatat beberapa perusahaan yang menawarkan Wi-Fi gratis dalam pertukaran
untuk melihat iklan atau menjawab pertanyaan untuk studi riset pasar. Apakah
Anda bersedia untuk melakukannya untuk mendapatkan akses nirkabel gratis, katakanlah,
di bandara? Apakah Anda menjawab perubahan jika Anda menggunakan laptop
perusahaan terhadap Anda sendiri, karena alasan keamanan?
Penyelesaian:
Ya, saya akan
bersedia untuk melakukannya untuk mendapatkan akses nirkabel gratis pada saat
duduk di bandara. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Wi-Fi bekerja sebagai
insentif bahkan ketika itu tidak gratis. Saya akan menjawab perubahan jika
saya menggunakan laptop perusahaan terhadap saya sendiri, karena alasan
keamanan.
Internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Di negara dimana fasilitas internet tidak murah dan jika itu murah juga
saya pasti akan bersedia melakukan hal-hal yang tidak
mengambil banyak waktu dan usaha, terlebih lagi menyenangkan untuk mendapatkan kupon internet
gratis. Sifat manusia, masalahnya lebih murah atau mahal,
mereka selalu menjadi bahagia untuk memenangkan sesuatu
atau mendapatkan sesuatu sebagai hadiah. Untuk mendapatkan sesuatu secara gratis bahkan jika tidak
penting untuk kita sehingga dalam kasus paket internet gratis saya akan lebih
dari bersedia untuk melihat pertanyaan dan jawaban iklan untuk mendapatkan Wi-Fi.
Di tempat seperti bandara dimana saya akan menggunakan laptop perusahaan
daripada saya sendiri mungkin jawaban saya akan berubah karena ada kemungkinan
kebocoran data ketika ada lebih banyak pengguna. Jika saya menggunakan
laptop perusahaan, saya mungkin tidak benar-benar menjawab jika mereka lebih
pribadi dan pertanyaan kontroversial karena masalah keamanan.
Ada situasi tertentu dimana konsumen mungkin akan diterima
atau tidak dapat diterima untuk melihat iklan. Misalnya, jika konsumen
adalah di bandara mencoba untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu pada waktu
yang tepat pada laptop mereka, mereka mungkin tidak ingin terjebak dengan iklan
dan teknologi flash mendorong iklan. Di sisi lain, mungkin seseorang hanya
browsing internet mencari untuk melihat apakah ada Starbucks di terminal untuk
mengambil secangkir Joe dan beberapa Wi-Fi.
Saya akan lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan Wi-Fi pada laptop
perusahaan. Ada pepatah di militer bahwa "bibir longgar
menenggelamkan kapal". Ini dapat diterapkan dalam situasi ini, karena
Wi-Fi tidak berarti aman Wi-Fi. Jika Anda harus menggunakan Wi-Fi, Wi-Fi.org
merekomendasikan bahwa bila memungkinkan, gunakan situs https versus hanya http
di alamat URL. Hal ini juga dianjurkan bahwa salah satu memiliki firewall
yang bagus pada perangkat Anda mengamankan rahasia perusahaan yang memberikan
perusahaan Anda keunggulan kompetitif.
KASUS 2
Metric
& Multistandard Component Corp: Nilai Bisnis dari Sebuah Jaringan Terkelola
Mandiri
yang Aman untuk Usaha Kecil dan Menengah
Halaman 233
Pertanyaan
Studi Kasus
1. Apa yang menjadi faktor terpenting
yang berkontribusi atas keberhasilan MMCC dengan jaringan terkelola mandri yang
baru dan aman? Jelaskan alasan menurut pilihan Anda.
Penyelesaian:
Ketika MMCC diaktifkan untuk solusi
jaringan baru untuk membantu memahami kebutuhan
Bisnis mereka dan mencari sistem yang
membuatnya lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Mereka membuat garis
besar tentang persyaratan mereka terdiri dari keandalan sistem, fleksibilitas atau skalabilitas dari sistem,
kekhawatiran keamanan dan biaya yang dilakukan untuk menyebarkan sistem. Ketika mereka yakin tentang
apa yang mereka butuhkan mereka mencari pilihan yang tersedia dan mengadopsi satu yang paling
efisien untuk organisasi seperti mereka. Faktor-faktor yang membantu MMCC untuk tumbuh dan menjadi sukses adalah:
a.
Sistem baru mereka mampu menyediakan
konektivitas yang lebih besar dengan keandalan yang lebih tinggi, keamanan dan
skalabilitas dalam relatif biaya yang sangat rendah sehingga peningkatan
produktivitas dan profitabilitas bisnis.
b.
Penggunaan teknologi maju untuk
ketersediaan tinggi dan jaringan yang efisien dan manajemen keamanan, yang
dapat dioperasikan dengan mudah.
c.
Dukungan dari pihak eksekutif
perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan persetujuan pihak eksekutif terhadap
usulan Bellnier untuk memperbaiki sistem jaringan lama yang banyak masalah dari
sisi kecepatan respon terhadap penyediaan informasi layanan kepada para
pelanggan mereka.
d.
Perencanaan yang matang. Merujuk kepada
ahli manajemen, bahwa perencanaan yang baik adalah setengah keberhasilan dari
suatu pekerjaan/proyek.
e.
Pengenalan jaringan teknologi untuk
menghubungkan kantor dan pengguna yang aman untuk memfasilitasi kebijakan
ekspansi perusahaan.
f.
Manajemen yang tepat dari sistem
pendukung untuk meminimalkan penundaan dan kesalahan.
2. Apa saja beberapa manfaat bisnis
dan tantangan dari jaringan terkelola mandiri dan terkelola secara eksternal?
Penyelesaian:
Manfaat sistem jaringan
yang terkelola mandiri:
a.
Umumnya sistem jaringan yang
dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena karyawan yang ditugaskan
mengerti kebutuhan sistem dalam perusahaan.
b.
Biaya pengembangan dan pengelolaanya
relatif lebih rendah karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
c.
Sistem jaringan yang dibutuhkan dapat
segera direalisasikan dan dapat segera melakukan perbaikan untuk menyempurnakan
sistem tersebut.
d.
Sistem jaringan yang dibangun sesuai
dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan dokumentasi yang disertakan lebih
lengkap.
e.
Mudah untuk melakukan modifikasi dan
pemeliharaan (maintenance) terhadap sistem jaringan karena proses
pengembangannya dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut.
f.
Adanya insentif tambahan bagi karyawan
yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan sistem jaringan perusahaan
tersebut.
g.
Lebih mudah melakukan pengawasan
(security access) dan keamanan data lebih terjamin karena hanya melibatkan
pihak perusahaan.
h.
Sistem jaringan yang dikembangkan dapat
diintegrasikan lebih mudah dan lebih baik terhadap sistem yang sudah ada.
Tantangan sistem
jaringan yang sistem jaringan yang terkelola mandiri:
a.
Keterbatasan jumlah dan tingkat
kemampuan SDM yang menguasai teknologi informasi.
b.
Pengembangan sistem jaringan membutuhkan
waktu yang lama karena konsentrasi karyawan harus terbagi dengan pekerjaan
rutin sehari-hari sehingga pelaksanaannya menjadi kurang efektif dan efisien.
c.
Perubahan dalam teknologi informasi
terjadi secara cepat dan belum tentu perusahaan mampu melakukan adaptasi dengan
cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang canggih (tidak up to
date).
d.
Membutuhkan waktu untuk pelatihan bagi
operator dan programmer sehingga ada konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan.
e.
Adanya demotivasi dari karyawan
ditugaskan untuk mengembangkan sistem informasi/jaringan karena bukan merupakan
core competency pekerjaan mereka.
Manfaat sitem jaringan
yang dikelola pihak eksternal:
a.
Perusahaan dapat mengonsentrasikan diri
pada bisnis yang ditangani. Masalah mengenai hardware, sofware, dan maintenance
sistem merupakan tanggung jawab pihak vendor.
b.
Lebih praktis serta waktu pengembangan
sistem relatif lebih cepat, efektif, dan efisisen karena dikerjakan oleh orang
yang profesional di bidangnya.
c.
Penghematan waktu proses dapat diperoleh
karena beberapa outsourcer dapat dipilih untuk bekerja bersama-sama menyediakan
jasa ini kepada perusahaan.
d.
Dapat membeli partner/provider sesuai
anggaran dan kebutuhan.
e.
Memudahkan akses pada pasar global jika
menggunakan vendor yang mempunyai reputasi baik.
f.
Biaya pengembangan sistem informasi
dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan.
g.
Memfasilitasi downsizing sehingga
perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai.
Tantangan sitem
jaringan yang dikelola pihak eksternal adalah:
a.
Terdapat kekhawatiran tentang keamanan
sistem jaringan karena adanya peluang penyalahgunaan sistem informasi oleh
vendor, misalnya pembajakan atau pembocoran informasi perusahaan.
b.
Ada peluang sistem jaringan yang
dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dikarenakan vendor tidak
memahami kebutuhan sistem dalam perusahaan tersebut.
c.
Transfer knowledge terbatas karena
pengembangan sistem informasi sepenuhnya dilakukan oleh vendor.
d.
Relatif sulit melakukan perbaikan dan
pengembangan sistem jaringan karena pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh
vendor, sedangkan perusahaan umumnya hanya terlibat sampai rancangan kebutuhan
sistem.
e.
Dapat terjadi ketergantungan kepada
konsultan.
f.
Manajemen perusahaan membutuhkan proses
pembelajaran yang cukup lama dan perusahaan harus membayar lisensi program yang
dibeli sehingga ada konsekuensi biaya tambahan yang dibayarkan.
g.
Resiko tidak kembalinya investasi yang
telah dikeluarkan apabila terjadi ketidakcocokan sistem jaringan yang
dikembangkan.
h.
Mengurangi keunggulan kompetitif
perusahaan.
i.
Perusahaan akan kehilangan kendali
terhadap aplikasi yang di-outsource-kan
3. Jenis manajemen jaringan mana yang
akan Anda sarankan untuk digunakan pada perusahaan bisnis kecil ke menengah?
Jelaskan alasan atas rekomendasi yang Anda berikan.
Penyelesaian:
Berdasarkan teori yang
ada, maka sebaiknya untuk perusahaan kecil-menengah menggunakan LAN atau VPN.
Penggunaan WAN lebih tepat digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar bahkan
perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan penggunaan WAN mencakup wilayah
geografis yang sangat luas, lintas negara sehingga membutuhkan sumber daya yang
besar pula dari sisi pembangunan dan pengelolaannya, seperti dana, SDM, dan
sarana infrastruktur lainnya yang memadai. Adapun penggunaan LAN dapat
dilakukan oleh perusahaan kecil-menengah karena meliputi wailayah geografis
yang lebih sempit, memiliki pusat data yang lebih tinggi, serta tidak
membutuhkan jalur komunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Namun demkian, LAN
memiliki kelemahan dari sisi keamanan jaringan dalam hal memantau kinerja
internet, intranet, dan ekstranet terkait proses transaksi bisnis dengan
stakeholders perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan VPN
untuk membentuk jaringan yang aman terhadap penggunaan internet, intranet, dan
ekstranetnya.
Ada beberapa keuntungan yang dapat
diperoleh dengan menggunakan VPN, diantaranya:
a.
Jangkauan jaringan lokal yang dimiliki
suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan
bisnisnya di daerah lain.
b.
Penggunaaan VPN dapat mereduksi biaya
operasional bila dibandingkan dengan penggunaan kabel yang panjang.
c.
Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.
d.
VPN memberi kemudahan untuk diakses dari
mana saja, karena VPN terhubung ke internet.
e.
Investasi pada VPN akan memberikan
peluang kembalinya investasi tersebut (ROI = return on investment) yang lebih
cepat daripada investasi pada kabel.
KASUS 3
SAIC,Hewlett-Packard,GE,dan
Lain-lain: Kasus Bisnis untuk Jaringan Sensor Nirkabel
Halaman 285
Pertanyaan
Studi Kasus
1.
Apa
saja beberapa manfaat bisnis yang terkait dengan penggunaan jaringan nirkabel
untuk mengumpulkan dan mentramisikan data?
Penyelesaian
:
Jaringan nirkabel yang
mudah untuk menginstal dan memberikan kontrol yang lebih baik atas seluruh
sistem. Jaringan nirkabel telah menggantikan jaringan kabel berantakan, yang
terlihat berantakan dan sangat sulit untuk menggantikan dalam kasus kerusakan
fisik. Data yang dikumpulkan oleh sensor nirkabel ditularkan melalui jaringan
nirkabel di tingkat cepat dan disimpan dalam perangkat terpasang. Sensor
nirkabel adalah stimulator yang berfungsi sebagai sirene keamanan ketika beberapa
hal yang tidak biasa terjadi dalam sistem. Jaringan nirkabel sehingga membantu
untuk mengontrol sistem pada waktu yang berarti. Organisasi bisnis bisa
mendapatkan keuntungan banyak dari menggunakan jaringan nirkabel dalam bisnis
mereka. Beberapa manfaat bisnis jaringan nirkabel tercantum di bawah ini:
-
Peningkatan efisiensi dan produktivitas
organisasi.
-
Memfasilitasi fungsi pengendalian
organisasi.
-
Membantu untuk membuat penyesuaian yang
tepat waktu, sebelum terjadi bencana.
-
Menjamin keamanan bisnis.
-
Transmisi cepat dan akurat data.
-
Keandalan dan fleksibilitas dalam
transmisi data.
2. Apa saja beberapa tantangan yang
dihadapi dalam penggunaan teknologi nirkabel? Apa Solusi yang dapat Anda
tawarkan?
Penyelesaian:
Dengan kemajuan pasti ada tantangan datang juga.
Teknologi nirkabel harus menghadapi beberapa tantangan untuk menghadapi
teknologi compettion.Wireless global hanya tumbuh dan ada banyak hal yang harus
diperbaiki dan dianggap sesuai kebutuhan dan ketersediaan serta efektivitas
jaringan ini untuk membuat lebih efisien dan dapat diandalkan. Beberapa
tantangan yang dihadapi oleh teknologi nirkabel tercantum di bawah ini:
ü Masalah
biaya: Salah satu tantangan terbesar yang memiliki teknologi nirkabel adalah
harga nya. Relatif harganya organisasi yang sangat tinggi dan kecil dan
menengah menemukan sangat sulit untuk menyesuaikan dalam anggaran mereka. Jadi
untuk membuatnya lebih populer mereka perlu mempertimbangkan kebijakan harga
mereka. Organisasi penggelaran itu juga harus mempertimbangkan garis anggaran
mereka sebelum mengadopsinya.
ü Range:
Rentang adalah sesuatu yang menentukan efektivitas teknologi nirkabel. Jadi
mereka perlu fokus pada memaksimalkan jangkauan mereka sehingga pengingat
akurat dapat terhibur.
ü Masalah
keamanan: keamanan data yang dikirimkan dan diterima harus lebih fokus
sementara menerapkan teknologi tersebut karena mungkin biaya tinggi untuk
organisasi jika data yang dikirimkan tidak cukup aman.
ü Masalah
manajemen: Seperti dijelaskan dalam kasus ini, setelah menerapkan teknologi nirkabel
dalam organisasi sistem harus fokus pada manajemen informasi yang dikumpulkan
dari orang-orang sensor, yang bahkan lebih penting daripada penggelaran
teknologi. Mereka menyediakan bundel informasi dan organisasi harus memutuskan
apa yang harus dipertimbangkan dan apa yang tidak.
KASUS 4
Best
Buy,MedStar Health,dan Unifi: Tantangan dan Manfaat dari Aplikasi Mobile
Nirkabel
Halaman 287
Pertanyaan
Studi Kasus
1. Apa keuntungan bisnis dan
keterbatasan penggunaan Best Buy Geek Squad perangkat mobile pocket PC nirkabel
mereka? Bagaimana telah mengatasi keterbatasan perangkat mobile mereka?
Penyelesaian:
Untuk angkatan
kerja mobile pocket PC nirkabel perangkat mobile telah sangat berguna dan telah
membantu mereka untuk beroperasi dengan lancar. Ini telah meningkatkan
efisiensi pengguna serta manajemen waktu telah lebih mudah. Tingkat kepuasan
pelanggan telah mengangkat dan masalah ini diselesaikan dengan mudah dan akurat.
Seluruh proses fungsi telah jauh lebih mudah meningkatkan produktivitas bisnis.
Menghemat waktu bagi pelanggan dan agen adalah hal yang paling penting yang
telah difasilitasi oleh Mobile Application nirkabel.
Ada batasan
tertentu juga untuk penggunaan Aplikasi Ponsel nirkabel. Tanpa fasilitas
internet kecepatan tinggi layanan ini tidak dapat digunakan. Sistem manajemen
database harus sangat kuat untuk mendukung sistem ini. Permasalahan yang
membutuhkan kehadiran orang untuk memecahkan mungkin tidak diselesaikan melalui
ini. Seperti disebutkan dalam kasus ini sulit untuk menggunakan keypad kecil
ponsel PC dan jenis.
Untuk mengatasi
keterbatasan kebutuhan untuk mengetik secara manual di keypad kecil, mereka
mencari keluar pilihan tangan menulis perangkat lunak pengenalan dan fasilitas
pengenalan perintah suara di PC saku.
2. Apa tantangan pengembangan
perangkat lunak perangkat mobile nirkabel? Bagaimana Med bintang Kesehatan dan
Unifi pertemuan tantangan tersebut?
Penyelesaian:
Ini
adalah pekerjaan yang sangat rumit untuk mengembangkan perangkat lunak untuk perangkat mobile nirkabel dan memasukkan mereka
dalam pekerjaan kita. Konversi paket desktop yang utuh ke dalam ponsel saku
berukuran kecil tidak begitu mudah. Selain memberikan akses ke setiap bit
informasi mengenai persediaan dan informasi pelanggan serta videoconference
melalui PDA, setiap kerja karyawan, melalui telepon seluler bukan lelucon.
Seiring dengan mereka
telepon selular datang dalam berbagai model dan fungsi jadi itu adalah
pekerjaan yang sulit untuk mengembangkan perangkat lunak yang diakui oleh semua
model. Harus ada variasi dalam perangkat lunak dan harus berpikir tentang
setiap sedikit perubahan yang mungkin tidak mendukung aplikasi dalam telepon
seluler. Departemen TI Med bintang dunia menghadapi tantangan serupa menampung
aplikasi tunggal untuk beberapa pengguna, dengan menggunakan perangkat seluler
yang berbeda. Ketika ada banyak pilihan yang tersedia dan setiap fungsi
perangkat hampir sama itu tidak mudah untuk mendorong semua orang untuk menggunakan
perangkat standar. Ini kebebasan membuat sulit bagi staf TI untuk bersaing
dengan model baru dan memastikan bahwa mereka yang kompatibel dengan aplikasi
perusahaan.
Untuk mengatasi
tantangan ini Med bintang Kesehatan dan Unifi mencari produsen mitra kolaborasi
yaitu yang mengembangkan perangkat yang didukung sebagian besar aplikasi
perusahaan ini yang sebagian besar digunakan.
3. Mengapa tidak perusahaan dalam hal
ini menggunakan beberapa dari ribuan paket perangkat lunak yang tersedia untuk
perangkat mobile nirkabel mereka? Apa keuntungan dan keterbatasan dari
pendekatan ini?
Penyelesaian:
Setiap perusahaan
memiliki semacam berbeda dari pola bekerja. Perusahaan mengikuti proses dan
prosedur yang berbeda untuk bekerja mengenai sifat organisasi.
Perusahaan-perusahaan dalam kasus ini tidak menggunakan beberapa dari ribuan
paket perangkat lunak yang tersedia untuk perangkat mobile nirkabel mereka
karena umumnya perangkat lunak yang dikembangkan sesuai dengan asumsi umum,
semua fitur perangkat lunak mungkin tidak berguna untuk bekerja dan apa yang
perusahaan kebutuhan perusahaan mungkin tidak ada dalam perangkat lunak umum.
Jadi organisasi cenderung untuk mengembangkan perangkat lunak yang mencakup
semua fungsi organisasi dan yang sesuai kebutuhan organisasi.
Keuntungan dari pendekatan ini:
-
Meningkatkan produktivitas bisnis.
-
Mengikuti pola organisasi sangat mudah
digunakan.
-
Ini khusus dan cepat.
Keterbatasan pendekatan ini:
-
Mahal
-
Memakan waktu, sementara berkembang.
-
Mungkin tidak berlaku untuk semua
perangkat nirkabel yang tersedia.
BAB VII
SISTEM
BISNIS ELEKTRONIK
KASUS 1
Sistem
Cisco : Kehadiran Jarak jauh dan Masa Depan Kolaborasi
Halaman 293
Pertanyaan
Studi Kasus
1. Apa manfaat utama penyatuan teknologi
yang digambarkan dalam kasus tersebut? Bagaimana ini semua melampaui perjalanan
perusahaan? Berikan contoh-contoh spesifik.
Penyelesaian:
Manfaat bisnis
utama dari kolaborasi teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini yaitu:
a.
Mengurangi biaya perjalanan bagi para
peserta pertemuan.
b.
Kolaboratisi kerja sama lebih baik
karena memungkinkan anggota untuk mengatur telekonferensi terpisah untuk ide
spesifik (tertentu), sehingga mengurangi waktu secara keseluruhan dari
konferensi umum.
c.
Memungkinkan untuk mempercepat
globalisasi suatu perusahaan dengan meniadakan batas dalam lokasi.
d.
Kualitas hidup karyawan menjadi lebih
baik karena tidak harus banyak melakukan perjalanan jauh dari keluarga dan
teman.
e.
Adanya kemampuan untuk merekam dan
pemutaran kembali suatu acara telemeeting sebagai pencatatan dan klarifikasi.
f.
Menunjang kelangsungan bisnis dengan
memanfaatkan telepresense untuk mengintegrasikan redundansi dan kolaborasi
global.
g.
Mengurangi residu karbon perusahaan
secara keseluruhan karena pembatasan penggunaan bahan bakar, dan memanfaatkan
ruang bisnis dengan lebih efektif.
h.
Peningkatan produktivitas, inovasi, dan
komunikasi.
contoh-contoh spesifiknya :
·
Cisco menggunakan e-mail dan Internet
Relay Chat, sebuah bentuk instant messaging yang lama.
·
Penggunaan video blog atau blogs.
·
Membuat sebuah pusat komunikasi unggul
secara online.
·
Memperkenalkan I-Zone wiki, forum di
perusahaan bagi ide-ide bisnis baru yang diluncurkan oleh TI tetapi tidak
menurut Emerging Technologies Group.
2. Michelle Damrow di Polycom mencatat
Cisco bertaruh pada standar kepemilikan atas produk jarakjauh,dimana competitor
melakukan interoperabilitas. Apakah Anda setuju dengan strategi Cisco? Iya atau
tidak, Mengapa? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Saya
setuju dengan strategi yang dilakukan oleh Cisco. Ada beberapa alasan mengapa
saya setuju dengan strategi Cisco, yaitu · Standard-based communication yang
digunakan oleh Cisco akan lebih unggul daripada pesaing yang lain.
1)
Keputusan yang dipilih oleh Cisco sudah
tepat untuk menghadapi pesaing seperti HP yang memperkenalkan sistem Halo
telepresence.
2)
Keputusan yang dipilih oleh Cisco ini
akan mempermudah Cisco untuk melakukan merger high-end telepresence system.
3)
Standar kepemilikan eksklusif untuk
produk TelePresence ini, dapat meningkatkan brand power Cisco di pasar.
3. Berpikir tentang wiki I-Zone yang
digambarkan dalam kasus tersebut, forum Cisco untuk ide-ide bisnis baru, dan
gambaran kesuksesannya. Mengapa anda
berpikir bahwa inilah masalahnya? Apakah teknologi-teknologi ini mendorong
kreativitas, menyediakan sebuah kesempatan untuk menyampaikan ide yang sudah
ada, atau keduanya? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
a. Persoalan
tersebut terjadi karena :
-
Wiki telah menghasilkan 600 ide dengan
potensi $ 1 miliar per tahunukuran usaha
-
Wiki mengakibatkan internet telah
berkembang ke fase lanjut.
-
Wiki ini menyebabkan fokus pada
kolaborasi dan pengenalan hirarki perusahaan.
-
Adanya pergeseran dalam penjualan produk
dan pemasaran, dan grup finansial lainnya ke arah lebih horizontal tanpa
perintah dan kontrol.
b. Teknologi
dapat membantu perkembangan kreativitas dan juga memberikan kesempatan untuk
mengkomunikasikan ide-ide yang sudah ada. Dengan menempatkan orang-orang
kreatif dalam tempat kerja yang sama, mereka dapat saling membangun ide-ide
masing-masing. Mereka juga dapat mengkomunikasikan ide-ide tersebut kepada
orang yang memiliki kemampuan untuk membantu mereka. Selain itu, ruang kerja
yang mudah dicari memungkinkan informasi mengalir lebih cepat ke semua peserta.
KASUS 2
Sistem
Cisco : Kehadiran Jarak jauh dan Masa Depan Kolaborasi
Halaman 306
Pertanyaan
Studi Kasus
1.
Apa beberapa
keuntungan bisnis dari teknologi yang digambarkan dalam kasus tersebut? Berikan
beberapa contoh dibalik proses-proses yang berorientasi otomatisasi transaksi
Penyelesaian:
Beberapa manfaat bisnis dari teknologi HRM
dijelaskan dalam kasus tersebut dijelaskan di bawah ini:
-
Ini jauh lebih cepat karena seperti yang
ditetapkan dalam kasus ini, dengan menggunakan teknologi HRM OHSU mengisi
lowongan pekerjaan dua minggu lebih cepat daripada dulu.
-
Membuat proses perekrutan dan kontrak karyawan
lebih mudah. Sebagaimana ditentukan dalam kasus Sony Computer Entertainment
America Inc dengan menggunakan software logika tenaga kerja yang mempekerjakan
manajer, memastikan pemahaman yang mudah dan sesuai dengan perbedaan hukum
antara kontrak dan orang-orang yang digaji.
-
Memfasilitasi fungsi manajemen kinerja
karyawan, pengembangan karir dan perencanaan suksesi. Seperti dikatakan
dalam kasus Tyco internasional Ltd
menggunakan Kenexa Karir tracker untuk melacak promosi dan kinerja karyawan.
-
Melacak kinerja karyawan dan promosi yang
objektif serta perencanaan suksesi
seperti dijelaskan dalamkasus Tyoco International Ltd menggunakan
perangkat lunak CareerTracker Kenexa yang bisa memplot kinerja karyawan pada
grafik untuk mengidentifikasi prestasi kerja dan memenuhi kepemimpinan standar
perilaku Tyco dan bisa menemukan orang-orang terbaik untuk mengisi lowongan
pekerjaan kunci serta menganalisis pelatihan apa yang mereka butuhkan.
-
Mengatur penjadwalan jam kerja dan manajemen
kompensasi seperti dijelaskan dalam kasus di Pusat Kesehatan Banner dengan
menggunakan aplikasi Kronos.
2.
Apakah Anda
berpikir nilai bisnis dari aplikasi –aplikasi strategis HRM bergantung pada
jenis bisnis dalam sebuah perusahaan, misalnya konsultasi, pabrikasi atau
layanan profesional? Iya atau tidak, Mengapa? Jelaskan.
Penyelesaian:
Saya pikir setiap sifat yang berbeda dari
organisasi memiliki pola kerja yang berbeda. Mereka berfungsi secara berbeda
dan mereka mengelola sumber daya mereka secara berbeda. Namun tema utama
manajemen adalah sama di semua. Karena beberapa hal ini bagaimana mereka
berhubungan satu sama lain. Teknologi manajemen HRM yang bekerja di sebuah
restoran mungkin tidak bekerja di bank. Sebuah organisasi manufaktur mungkin
memiliki cara yang berbeda untuk membuat penyesuaian sumber daya manusia dan
kriteria yang berbeda untuk menyewa dan menjaga mereka.
Ya, saya setuju bahwa nilai
bisnis strategis aplikasi manajemen Sumber Daya Manusia ini tergantung pada
jenis bisnis organisasi ini di karenakan mungkin mereka semua memiliki
ketentuan yang sama menjaga sangat membunyikan karyawan dikelola dengan baik dan
mempertahankan mereka tetapi mereka dapat bertindak secara berbeda terhadap
mencapai hal itu. Ketika pola mereka berbeda mereka harus mengikuti proses yang
berbeda dan cara untuk mendapatkan tujuan.
3.
Apa saja
tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem HRM?
Apakah keunikan jenis system ini ? Strategi apa yang akan Anda rekomendasikan
bagi perusahaan-perusahaan untuk memenuhi tantangan tersebut? Berikan beberapa
rekomendasi khusus.
Penyelesaian:
Tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan
melaksanakan sistem HRM yang disebutkan di bawah :
-
Hanya menerapkan teknologi HRM dalam sebuah
organisasi tidak cukup , mereka perlu diintegrasikan , dengan data yang
disimpan dalam repositori umum , untuk mendapatkan nilai optimal dari itu . Dan
pekerjaan ini tidak begitu mudah .
-
Ada kemungkinan perpecahan antara departemen
perusahaan yang berbeda ; itu harus dilaksanakan di beberapa unit bisnis
menjalankan berbagai jenis fungsi . Mempertahankan keseragaman penggunaan di
antara berbagai departemen menantang .
-
Hal ini sangat memakan waktu , karena ini
membutuhkan lebih dari 5 tahun untuk mengubah seluruh sistem.
-
Setiap sistem dilengkapi dengan tantangan
tertentu dan itu kita yang perlu mempertimbangkan tantangan dan mencoba untuk
meminimalkan itu dalam rangka untuk mendapatkan jumlah keuntungan dari itu .
Beberapa rekomendasi saya ingin mengusulkan kepada organisasi untuk memenuhi
tantangan ini tercantum di bawah ini :
-
Dibutuhkan waktu , kita tahu , tapi kemudian
untuk memulai adalah hal yang paling penting . Jadi tidak peduli berapa lama
waktu yang dibutuhkan , semakin cepat kita mengadopsi lebih cepat yang akan
selesai .
-
Untuk mengendalikan masalah keseragaman ,
organisasi dapat mengembangkan teknologi HRM disesuaikan mengingat setiap
departemen tunggal dalam organisasi . Dan departemen yang benar-benar berbeda ,
ketentuan selalu bisa dibuat seperti itu.
Beberapa rekomendasi yang saya
ingin usulkan kepada organisasi tempat saya bekerja adalah sebagai
berikut:
-
Setiap harinya, sebagai instansi pemerintah
banyak menerima dan mengeluarkan surat.
Tetapi sebagian besar masih dilakukan secara manual. Artinya bila ada surat masuk dicatat oleh
sekertaris dimasukkan ke Kepala Pusat untuk diketahui dan didisposisikan
kemudian dikirimkan atau disebarkan.
Begitu pula dengan surat keluar harus melalui tahapan birokrasi sebelum
dikirimkan. Hal ini tentu saja selain
boros waktu juga boros biaya dan juga tidak efektif dan efisien. Belum lagi karena berbentuk fisik, sehingga
mudah hilang dan rusak sehingga sangat fatal akibatnya bila itu merupakan surat
yang penting. Beberapa tahun yang lalu sudah ada wacana dari sekjen dengan
mensosialisasikan penggunaan surat elektronik namun seiring berjalannya waktu
dan pergantian pemimpin, wacana ini sudah tidak berjalan lagi sehingga 90%
persuratan kembali kecara tradisional.
-
Penilaian kinerja masih menggunakan DP3 dari
atasan sehingga sangat rentan dengan subjektivitas. Sangat efektif apabila di dunia pemerintahan
dimana jumlah pegawainya jutaan agar menggunakan software yang bisa melakukan
penilaian kinerja secara objektif, serta
dapat melacak kinerja dan promosi serta perencanaan suksesi yang baik seperti
pada Tyoco International Ltd yang menggunakan perangkat lunak CareerTracker
Kenexa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa
di pemerintahan seringkali jabatan tidak diduduki oleh orang yang mempunyai
pengalaman dan pengetahuan di bidangnya serta tidak tepat dalam menempatkan
karyawan sehingga banyak pelayanan public tidak mampu memuaskan masyarakat.
Memang untuk menerapkan kedua hal tersebut
sangatlah sulit tetapi tidak mustahil.
Hanya dibutuhkan komitmen dan kemauan untuk berubah dan menjadi lebih
baik dengan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Dan itu tidak hanya sekadar slogan tetapi
dapat terbukti nyata. Kendala yang
dihadapi memang klasik yaitu waktu dan komitmen, sehingga jangan sampai suatu
system informasi yang menghabiskan biaya yang besar tetapi tidak efektif dan
efisien karena SDM nya tidak mau mempelajari system yang baru karena tidak
ingin berubah dan sudah merasa nyaman dengan kondisi yang ada.
KASUS 4
Yahoo,Google,
dan Chrysler: Bagaimana Internet Mengubah Periklanan dan Pemasaran
Halaman 326
1.
Mengapa
perusahaan seperti Chrysler sekarang melihat lebih terbantu melalui Internet
sebagai medium yang besar untuk biaya periklanan mereka? Apa yang sudah mengubah
pandangan mereka?
Penyelesaian:
Dengan
perkembangan telekomunikasi dan internet, itu benar-benar global dan dampaknya
sangat besar. Seperti yang disajikan dalam kasus ini seorang Amerika menghabiskan
lebih dari 30% dari waktunya di internet. Internet telah mengambil waktu dari
televisi dan Medias lainnya. Kasus mengatakan bahwa 63% dalam survei mengatakan
bahwa internet adalah alat membangun merek dan hampir setiap bagian dari rumah
tangga Amerika terhubung dengan internet dan juga ada pertumbuhan 50% pada
pengguna internet. Ini juga berbicara tentang aliran besar dolar dalam iklan
online dalam beberapa tahun terakhir.
Tergantung
pada kertas media dan televisi yang hampir setengah abad tua dan mengikuti
jalan yang sama iklan sejak lama telah sangat monoton. Mungkin Chrysler sedang
mencari yang lebih menguntungkan di internet sebagai media yang lebih besar
untuk dolar iklan mereka karena survei dan penelitian menunjukkan seberapa
efisien adalah dengan menggunakan internet dan bagaimana orang-orang terpesona
ke arah itu. Sebagai Roehm mengatakan, hal itu mungkin terdengar seperti
pemasaran pecandu, tapi mereka suka ikan di mana ikan, yang karena mereka
terkenal tentang persepsi berubah rakyat dari TV dan media cetak untuk
internet.
2.
Bagaimana
sumber pendapatan iklan online Google dan strateginya berbeda dari yahoo? Strategi
iklan online mana yang mengungguli Untuk
menarik iklan dari perusahaan besar? Pertahankan pendapat Anda.
Penyelesaian:
Google telah secara efektif diciptakan kembali
iklan online dengan target, diklasifikasikan link teks yang dapat kita lihat di
mana-mana. Mereka memiliki strategi untuk pergi keuntungan melonjak dari
penjualan iklan tersebut dan mengemudi tinggi kapitalisasi pasar saham mereka
ke miliaran. Mereka umumnya berbasis teks dan memberikan hasil yang sederhana
dan terkait dengan orang-orang mencari sedangkan membuat sejumlah besar
keuntungan dalam iklan itu memberikan suatu organisasi.
Yahoo melakukan pada, iklan pencarian, iklan
baris online dan sejumlah pembangkit komisi bisnis seperti menjual SBC dan
Verzzion langganan broadband. Mereka jauh visual yang berorientasi dan mudah
untuk berhubungan dengan dan memahami. Peluang Yahoo besar dan untuk pengguna
baru pemasaran online dapat lebih membantu karena mereka tidak terbatas pada
sesuatu, mereka melakukan hampir segala sesuatu.
Untuk menarik perusahaan kecil untuk iklan
strategi Google akan bekerja karena mereka memiliki sangat sedikit untuk
mengatakan tentang diri mereka sendiri pada awalnya dan mereka dapat mengelola
anggaran mereka dengan menjadi tepat dalam teks.
Sedangkan, perusahaan besar dapat menggunakan
yahoo dan memiliki perasaan besar sebagai merek mereka memiliki dengan
membuatnya lebih cemerlang dan grand.
3.
Seandainya
Anda ada di posisi Julie Roehm dari Chrysler, bagaimana Anda akan
mendistribusikan biaya periklanan
Chrysler, diantaranya online,televise, dan media cetak? Pertahankan posisi
Anda.
Penyelesaian:
Jika saya Dalam posisi Julie Roehm ini di
Chrysler, mudah-mudahan suatu hari nanti, saya akan membagikan 50% dari biaya
iklan untuk internet mempertimbangkan ketersediaan internet dan pertumbuhan dan
untuk iklan TV saya akan mengalokasikan 30%, karena televisi juga merupakan
media yang sangat terkenal untuk mencapai orang dan sisanya 20% saya akan
berinvestasi pada kertas dan media cetak karena meskipun mereka media tua tapi
masih ada orang yang pergi untuk itu dan juga iklan kertas dan cetak mudah
untuk menjaga sebagai memo pelanggan.
BAB VIII
SISTEM
BISNIS PERUSAHAAN
KASUS 1
NetSuite
Inc., Berlin Packaging,Churchill Downs, dan lain-lain: Rahasia CRM ada pada
Data
Halaman 332
Pertanyaan
Studi Kasus
1.
Apa
manfaat bisnis utama dari implementasi CRM bagi organisasi seperti Berlin Packaging dan Churchill Downs? Apa kegunaan lainnya dari
CRM yang Anda rekomendasikan untuk Churchill Downs? Menyediakan beberapa
alternatif.
Penyelesaian:
Manfaat
bisnis dari implikasi CRM untuk organisasi seperti Berlin Kemasan dan Churchill
Downs tercantum di bawah ini :
-
Keselamatan catatan pelanggan dan sistem
yang dikelola dengan baik tanpa dokumen tersebar dan tumpang tindih file
bersama dengan konsistensi .
-
Sumber Akurat kebenaran yang dapat
diandalkan .
-
Konversi dari dua fungsi yang berbeda
menjadi satu sehingga manajemen menjadi lebih mudah dan informasi yang menjadi
lebih relevan .
-
Akumulasi Exact dari pelanggan lingkaran
dan memfasilitasi kategorisasi mereka .
-
Pelacakan yang tepat dari pelanggan .
Penggunaan
lain dari CRM akan :
-
Waktu kustomisasi real dan personalisasi
produk dan layanan sehingga mereka dapat berhubungan dengan mudah dengan satu
sama lain .
-
Untuk memastikan bahwa pelanggan yang
senang dengan organisasi secara konsisten disimpan di bawah kesan yang sama
atau tidak .
-
Dalam rangka memberikan dukungan dan
layanan di semua titik kontak pelanggan sehingga pelanggan bisa lebih loyal
terhadap organisasi .
Potensi
manfaat bisnis dari manajemen hubungan pelanggan sangat banyak. Contohnya, CRM
memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi serta berfokus pada para
pelanggan terbaik mereka, yaitu mereka yang paling menguntungkan bagi
perusahaan, agar mereka dapat dipertahankan sebagi pelanggan seumur hidup untuk
layanan yang lebih besar dan menguntungkan. Manajemen hubungan pelanggan
memungkinkan penyesuaian dan personalisasi real-time atas berbagai produk dan
jasa berdasarkan pada keinginan, kebutuhan, kebiasaan membeli serta siklus
hidup para pelanggan. CRM juga dapat menelusuri saat ketika pelanggan
menghubungi perusahaan, darimana pun titik hubungannya.
Sebelum
Churchill Downs tidak menggunakan CRM, telah diasumsikan data agregat diambil
dari klub loyalitas Twin itu Spires dapat dipecah menjadi empat ember yang
berbeda dari pelanggan. Tapi, setelah Atique Shah bergabung dengan perusahaan
sebagai Wakil Presiden solusi CRM dan teknologi, ia menggunakan Epiphany Inc
perangkat lunak CRM dan didukung oleh data-pertambangan alat dan IBM Ascential
data ekstraksi dan transformasi perangkat lunak. Shah menemukan bahwa
sebenarnya sembilan jenis pelanggan agregat merupakan indikasi bahwa upaya
sebelumnya itu pemasaran tidak berguna. Ini menunjukkan bahwa data dapat
diterjemahkan ke dalam peningkatanpenjualan.
2.
Apakah
Anda setuju dengan ide bahwa organisasi yang lebih kecil lebih baik diposisikan
menjadi pengguna yang lebih efektif dari CRM dibandingkan yang lebih besar?Iya
atau tidak, Mengapa ? Berikan Alasannya.
Penyelesaian:
Organisasi yang lebih
kecil memiliki pelanggan yang terbatas sehingga menjadi mudah bagi mereka untuk
mengelola informasi mereka. Juga ketika organisasi kecil mengadopsi CRM,
menjadi lebih mudah untuk menerapkannya karena perubahan dan penyesuaian dapat
dilakukan dalam massa kecil, tidak begitu sulit untuk membuat perubahan di
tempat kecil tapi organisasi besar memiliki pelanggan besar berikut dan mereka
memiliki volume besar data yang akan disesuaikan dan dikelola dan disinkronkan
dalam sistem, yang menjadi sangat sulit dan hal-hal akan kacau. Ada muncul
kemungkinan lebih slacking dan salah menaruhkan data dan informasi.
Jadi saya pikir karena
volume data dan trend organisasi organisasi besar merasa sulit untuk
mempertahankan CRM. Organisasi kecil karena sifat fleksibel dan konsep segar
lebih terfokus pada manajemen pelanggan untuk pertumbuhan organisasi sehingga
menjadi lebih mudah bagi mereka untuk menjadi lebih berdedikasi terhadap CRM.
3.
Salah
satu masalah utama yang dicatat dari kasus ini adalah pentingnya data yang “barang”
untuk keberhasilan implementasi CRM. Kami telah mendiskusikannya pada bab 5,
ketika kami membandingkan pengolahan arsip dan pendekatan manajemen basis data
dengan manajemen sumber daya data. Masalah manakah yang dibahas tersebut yang
Anda lihat sekarang dalam kasus ini? Bagaimana aplikasi CRM berusaha untuk
menyelesaikannya ? Gunakan contoh dari kasus untuk mengilustrasikan jawaban
Anda.
Penyelesaian:
Data adalah sumber
utama informasi. Jika data tidak akurat dan up to date tidak mungkin untuk
memperoleh informasi yang berharga dan berguna dari itu. Data adalah sumber
daya yang paling berharga bagi informasi yang efektif dan efisien. Dibandingkan
dengan sistem pengolahan data dari kasus 5 di sini dalam kasus ini kita dapat
melihat bahwa organisasi dapat memiliki masalah file kelebihan beban dengan
catatan pelanggan yang tersebar dengan cara yang unmanaged. Tumpang tindih dan
inkonsistensi dalam manajemen file juga bisa menjadi kelemahan utama dari
sistem pengolahan berkas dan bahwa apa ids dibahas dalam hal ini tentang
pengaturan sistematis dari catatan pelanggan yang tidak dapat diambil pada saat
kebutuhan dan membuat keputusan.
Seperti terlibat dalam
kasus jika data yang disimpan saja dan kita tidak akan pernah menemukan cara
bagaimana menggunakannya maka itu tidak layak disimpan. Data disimpan untuk
generasi informasi dan jika data yang tersimpan tidak dapat memberikan rasa
informasi maka tidak ada gunanya.
KASUS 2
Pemimpin TI,Vertex Distribution, dan Prevention
Partners: Masa Depan ERP Mungkin akan Terletak pada Sumber Terbuka
Halaman 344
1.
Kasus
ini menyoroti perbedaan dalam mengadopsi sistem ERP sumber terbuka antara
perusahaan kecil atau menengah dan besar. Apa alasan utama di balik perbedaan
ini? Apakah menurut ini hanya masalah biaya? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Adopsi
terbuka sistem source ERP di organisasi kecil dan menengah jauh lebih mudah
daripada dalam organisasi besar. Alasan di balik ini mungkin:
-
Organisasi kecil yang fleksibel dari
organisasi-organisasi besar, dalam hal ukuran dan kinerja.
-
Organisasi kecil dapat fokus pada
perubahan sistem dan menyesuaikan sesuai itu, sedangkan di organisasi besar itu
sangat sulit untuk mengelola perubahan.
-
Pelatihan dapat lebih efektif di antara
massa kecil dibandingkan sekelompok orang.
Hal
ini tidak hanya soal biaya karena jika organisasi begitu besar jauh lebih baik
daripada organisasi kecil dan menengah dalam bentuk uang. Secara keseluruhan
itu adalah proses manajemen yang membuat perbedaan.
2.
Sistem
perencanaan sumber daya perusahaan yang jelas adalah kekuatan dari perusahaan
modern. Seberapa nyaman Anda merasa mengenai merekomendasikan pengadopsian paket
sumber terbuka untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini, dan mengapa?Perlawanan
seperti apa,kia ada,yang anda harapkan bisa ditemukan dalam proposal anda ?
Penyelesaian:
Enterprise Resource
Planning pasti adalah tulang punggung untuk fungsi dan keberhasilan perusahaan
modern. Sejak ERP meminimalkan kompleksitas bisnis dengan radikal mengubah
proses bisnis dan sistem informasi, penggunaan ERP dalam bisnis dapat
mengakibatkan produktivitas dan efisiensi business.ERP memainkan peran penting dalam
meningkatkan setiap sektor organisasi termasuk, perencanaan produksi, agar
distribusi penjualan manajemen, sumber daya manusia, Akuntansi dan Keuangan.
Ini mencakup setiap komponen organisasi dan membuat prosedur lebih easies
organisasi, efisien dan efektif.
ERP perubahan pola
bisnis secara keseluruhan dan orang-orang menolak perubahan. Juga perencanaan
dan pelaksanaan yang efektif diperlukan untuk mengkonversi perubahan besar
seperti yang efektif. Jadi mungkin ada beberapa hambatan tetapi jika efisien
dijalankan dengan persiapan yang tepat ERP dapat menghasilkan sukses besar dari
sebuah organisasi.
3.
Apakah
Anda setuju dengan alasan pemikiran yang dinyatakan oleh beberapa CIO dalam
kasus ini bahwa bila sistem ERP perlu untuk disesuaikan, dimulai dengan paket sumber
terbuka yang lebih masuk akal daripada yang komersial? Iya atau tidak, Mengapa?
Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
Paket open source jauh
fleksibel dan interaktif. Paket tersebut mudah untuk mengintegrasikan dengan
program aplikasi lain dari pengguna bisnis. Ini juga mudah untuk membuat
modifikasi kecil untuk memenuhi proses bisnis organisasi. Jadi jika paket open
source yang digunakan dari organisasi dapat mendesain ulang dan cetakan itu ke
dalam pola kerja organisasi yang membantu dalam memahami perangkat lunak lebih
mudah dan membuat yang terbaik dari itu. Jadi saya pikir jika itu harus
disesuaikan nanti, karena pola yang berbeda dari kinerja organisasi yang
berbeda itu jauh lebih mudah untuk pergi untuk paket perangkat lunak terbuka
lebih web yang memungkinkan dan spesifik suite bisnis.
KASUS 4
AutoSystems:Nilai
Bisnis dari Keberhasilan Sistem ERP untuk Pabrikasi Kecil
Halaman 371
Pertanyaan
Studi Kasus
1.
Mengapa Autosystem
memutuskan untuk memasang sistem ActivEntry? Mengapa mereka merasa perlu untuk
mengintegrasikan dengan system ERP TRANS4M miliknya?
Penyelesaian:
Autosystems memutuskan untuk menginstal sistem
ActivEntry karena mereka ingin melatih karyawan lantai mereka dengan membuat
informasi yang dapat diakses oleh mereka dengan manajemen risiko untuk
mengalami dampak positif dari berbagi ini dalam kinerja dalam suatu organisasi.
Menggunakan ActivEntry informasi yang sekarang tersedia dengan pusat kerja,
tentang efisiensi tenaga kerja, biaya produksi dan skrap. Ini mengakibatkan
rencana efisien untuk membuat perubahan dan menyesuaikan produksi.
Mereka merasa bahwa itu perlu untuk
mengintegrasikan TRANS4M sistem ERP untuk membuat sesuatu bekerja bersama-sama
dengan lancar. Setelah meningkatkan tenaga kerja dalam sistem itu penting untuk
meng-upgrade sistem serta sehingga untuk mengakomodasi tenaga kerja tambahan
bagi fungsi efisien dari kegiatan bisnis.
2.
Apakah tiga
manfaat bisnis dari banyaknya hasil dari penggunaan ActivEntry yang memberikan
perusahaan nilai bisnis yang paling besar? Pertahankan jawaban Anda.
Penyelesaian:
ActivEntry terbukti sangat bermanfaat bagi
organisasi. Karena pelaksanaan ActivEntry visibilitas di lantai dialami dengan
tarif memo meningkat. Hal ini juga memfasilitasi setiap karyawan untuk lebih
sadar tentang apa yang biaya uang perusahaan. Mereka lebih cenderung untuk
mengambil keputusan yang efektif mengenai dampak aktivitas organisasi. Mereka
juga menikmati manfaat dari transparansi dan tenaga kerja yang efisien. Saya t
juga membantu perencana mereka banyak dengan visibilitas. Mereka dapat memantau
informasi dari semua tanaman dan membuat pengaturan dan penyesuaian yang
diperlukan. Mereka memiliki baik, data yang akurat dalam TRANS4M ERP untuk
membuat keputusan yang lebih baik. Mereka mampu mengandalkan data yang
disediakan.
Dari semua ini, saya pikir manfaat utama adalah
kemampuan untuk menangkap tenaga kerja, efisiensi, produksi, memo dll pada
waktu dan oleh pusat kerja untuk setiap aspek dan komponen dan mampu berbicara
tentang itu dalam pertemuan tim di dasar sehari-hari. Hal ini memberikan visi yang
jelas tentang apa yang terjadi benar dan apa yang salah sehingga penyesuaian
dan perbaikan dapat dibuat sesuai itu.
3.
Perubahan
apa yang telah direncanakan untuk meningkatkan penggunaan ActivEntry? Apa pengembangan
lainnya yang sebaiknya dipertimbangkan oleh perusahaan? Mengapa?
Penyelesaian:
Dalam rangka meningkatkan penggunaan
ActivEntry, mereka berencana untuk mengadopsi lebih PC di lantai. Penggunaan
kode bar printer dan scanner di lantai juga dibuat sehingga memudahkan
penggunaan ActivEntry. Mereka juga dirancang pekerjaan baru dengan konsep baru
sebagai "Analis Produksi" untuk kelancaran fungsi sistem baru. Mereka
juga mengatur pelatihan, dukungan dan bantuan terus rekan produksi sehingga
sistem ini bisa lebih bermanfaat untuk organisasi.
Mereka juga harus memiliki orang khusus dalam
angkatan kerja di lantai sehingga mereka bisa memantau para pemain dan membuat
penyesuaian real time, membuat sistem lebih halus dan efektif. Mereka harus
mempertahankan kontrol yang tepat atas penggunaan sumber daya sehingga karyawan
dapat lebih produktif. Mereka juga harus menjadi perhatian dan fokus terhadap
masalah keamanan dan melihat bahwa jika sesuatu yang tidak harus dibagi di
lantai atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar